Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Tuesday, October 14, 2014

Belajar Aksara Jawa dengan Font Tuladha Jejeg dan Open Office

Seperti postingan saya yang lalu tentang cara installasi font Tuladha Jejeg untuk membaca dan menulis aksara jawa di browser Firefox, untuk kali ini tinggal kita melanjutkan cara menggunakan font tuladha jejeg (TJ) untuk menuliskan aksara jawa selayaknya kita menuliskan aksara latin di Open Office.

Kenapa open office? Karena open office merupakan salah satu aplikasi office yang mendukung font graphite, seperti kita ketahui, karena kompleksitas aksara jawa sehingga hanya bisa ditampilkan dengan sempurna dengan teknologi Graphite SIL dan salah satunya di gunakan oleh open office. Sementara Microsof office belum mendukung font graphite.

Langsung saja, cara menggunakan open office untuk menuliskan aksara jawa unicode dengan font tuladha jejeg caranya sbb :

1. Install font Tuladha Jejeg, silakan baca di sana.

2. Install Open Office minimal versi 3.3 atau versi terbaru akan lebih baik. Link download versi terbaru (4.1.1) di sini atau untuk versi 3.3 di situ.

3. Pastikan Keyboard Indonesia (Tuladha Jejeg) sudah terinstall di Control Panel - Input Language. Untuk perpindahan antar input language bisa mengganakan kombinasi (Shift + Alt).




4. Buka Open Office dan pilih font Tuladha Jejeg untuk menulis aksara jawa. Dan jangan lupa untuk perpindahan penulisan aksara jawa ke aksara latin dan sebaliknya cukup tekan Shift + Alt. Mudah kan....


Untuk keyboard mappingnya silakan dicoba-coba sendiri ya, karna saya belum sempet membuatnya hehehe....

Untuk teman-teman blogger yang masih merasa punya tanggung jawab untuk melestarikan aksara jawa. Mari kita sama-sama mempelajari agar aksara warisan nenek moyang kita yang luhur ini tidak punah dan hanya tinggal cerita.

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :).
.

1 comment:

  1. wah belajar bisa jadi lebih mudah ya mas dengan cara seperti ini....

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP