Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Thursday, January 5, 2012

Heritage books

Lagi bersih-bersih kamar.. eeee ada buku yang sudah usang banget. Buku warisan entah dari siapa hehe... Masih ingatkan sobat pembaca dengan novel yang satu ini? Yah Wiro Sableng karangan Bastian Tito. Judul bukunya juga mengerikan "Cincin Warisan Setan" hi..hi..hiiiii seram.

Aku coba baca buku itu, isinya yah menurutku sih lumayan bagus. Menceritakan kekonyolan sang aktor Wiro Sableng sang pendekar yang baik hati cuma rada konyol hehe...


Yang ingin saya tuliskan sebenarnya kenapa ya novel-novel kayak Wiro Sableng ini gak pernah beredar di Toko-toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung atau toko buku yang lainnya? kalaupun ada paling cuma dijual diemperan toko. Mungkin menurut para ahli bahasa dan sastra tidak memenuhi kreteria buku yang pantas untuk diterbitkan. Atau sama pengarangnya memang tidak pernah dikirimkan kepenerbit terkenal? saya juga kurang tahu hehe...

Kalau menurut saya yang memang buta akan sastra, mungkin nover-novel seperti wiro sableng ini cukup pantas untuk masuk dalam novel-novel yang di jual di toko buku. Kreteriannya adalah novel tersebut cukup merakyat, karena memang tersebar hampir keseluruh nusantara walaupun tidak pernah dipajang di toko buku terkenal. Dan bahkan novel wiro sableng pernah difilmkan beberapa tahun yang lalu.

Jadi sekali lagi menurut saya, novel-novel rakyat seperti wiro sableng ini harusnya pantas juga mendapat penghargaan karena merupakan hiburan bagi masyarakat dengan harga terjangkau dan tidak perlu mempunyai pengetahuan bahasa tingkat tinggi untuk membacanya.

Bagaimana menurut sobat pembaca? Punya pendapat lain? ditunggu komentarnya ya...

17 comments:

  1. saya masih punyaaa.. XD
    bekas nyolong di taman bacaan... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lupa kali yang jaga taman bacaanya Sob :D

      Delete
  2. mungkin karya wiro sableng ini hak ciptanya bukan di penerbit besar, makanya ga di jual di gramdia

    atau mungkin pengarangnya sudah meninggal, jadi tidak ada karya baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kali Sob hehe.. Kalo pengarangnya sih masih axis Sob. Tks ya komennya :)

      Delete
  3. iya ya, buku kayak gitu udah punah mungkin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang lagi banyak yang nyari Sob, kangen kali :)

      Delete
  4. hihihihi..wiro sableng pernah jadi buku rebutan di antara teman2..seru dan menggelikan sih :)

    ReplyDelete
  5. wew, wiro sableng sudah saya tamatkan semua, termasuk kho ping ho, mahabarata, Ramayana termasuk Gareng dan Petruk,hehehe,

    tapi sob gak masuk toko buku aja udah laku keras, ngapain juga dia ribet2 lagi, tp salut bwt Bastian Tito yang udah sedemikian nya mengarang Wiro Sableng ;)

    ReplyDelete
  6. iya juga sih sob..
    saya sempat menikmati ketenaranna..
    tpi adik2 saya malah gatau apa2 tntang film kayag gitu --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah beda generasi kali Sob, jadi sudah gek tertarik sama wiro lagi :)

      Delete
  7. sempat kok mas, si wiro nangkring keren di toko buku sekelas gramedia....mmmm itu sekitar tahun 1986-an....tapi sekarang ya memang.....sudah ga laku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. mungkin aku aja yang gak pernah lihat ya Sob.

      Delete
  8. sekarang mah yang terkenal ntu novel teenlit. kalau macam wiro sableng udah gak pasaran dech kayaknya.

    ReplyDelete
  9. Kalo aku masih merindukan Wiro Sableng, tapi sayang sudah gak beredar lagi Vie hehe...

    ReplyDelete
  10. hahahaha,masih jaman aja yah..
    wiro sableng kan udah gak ada lagi..

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP