Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Saturday, April 28, 2012

Kucing Telon

Pernah dengar mitos tentang kucing telon atau kucing kembang telon (kucing dengan 3 warna bulu hitam, kuning dan putih)? Konon jika ada kucing telon jantan maka dia akan menjadi penguasa dilingkungan tempat tinggalnya. Konon juga kucing telon jantan juga punya kesaktian yang bisa menjatuhkan tikus hanya dengan melihatnya. Sobat percaya gak sih?


(Gambar dari sini)


Terus terang kalo saya sendiri setengan percaya setengah nggak percaya hehehe... Alesane opo mas?? Sebelum saya jawab alasan saya lebih baik akan saya jelaskan dulu mengapa jarang sekali kita temukan kucing telon yang jenis kelaminnya jantan. Kalo yang betina kan banyak dan sering kita jumpai disekitar kita.

Sebelumnya saya mau cerita dikit ya sob. Saat kuliah tingkat akhir di kampusku dulu ada yang namanya mata kuliah pilihan. Dari beberapa mata kuliah pilihan ini ada yang namanya mata kuliah Bioteknologi Ternak. Tidak banyak sih mahasiswa yang berani mengambil mata kuliah Bioteknologi Ternak ini karena memang terkenal sulit dan rumit, dan yang mengambil mata kuliah itu tidak lebih dari 10 orang termasuk saya, hebat kan (Narsis2 hahahha.... tapi sekarang dah banyak yang lupa :D). Banyak sih yang bisa dipelajari dari ilmu bioteknologi ini seperti kloning, rekayasa genetika atau untuk mengetahui suatu bahan makanan mengandung babi atau tidak dari panjang DNA nya.

Ojo di enyek yo sob, isin aku :D

Ketika masih SMA saya juga pernah nanya ke Guru Biologi "Kenapa kok nggak ada kucing telon yang jantan?", tapi waktu itu Bu Guruku juga belum bisa jawab jadi pas kuliah itulah akhirnya aku tanyakan pada Dosen Bioteknologi Ternak, dan jawaban dari Pak Dosen kalo gak salah kira-kira seperti dibawah ini.

Jenis kelamin diatur aleh sepasang kromosom X dan kromosom Y.
Pasangan kromosom XX = betina
Pasangan Kromosom XY = jantan

Sifat Warna bulu kucing dibawa oleh kromosom X
misal genotipe warna diwakili dengan huruf "A" maka
A = genotipe untuk warna hitam
a = genotipe untuk warna kuning
Aa = genotipe untuk kucing belang tiga (hitam, kuning dan putih)

Jadi rumus genotipe :
Betina Hitam = XAXA
Jantan Hitam = XAY
Betina Kuning = XaXa
Jantan Kuning = XaY
Betina Belang Tiga = XAXa
Jantan Belang Tiga = Gak ada kemungkinannya.

Jadi memang Jantan belang tiga kemungkinannya 0%. Tapi apa sih yang nggak mungkin jika Allah mengijinkan. Walau kemungkinannya sangat kecil tetap saja ada yang akan terbentuk rumus XAXaY tripoid (gennya berjumlah 3). Dan ini adalah rumus genotipe kucing jantan belang tiga (kucing telon jantan) yang mempunyai kelainan genetik yang bersifat letal (mematikan) dan steril (mandul) sehingga biasanya kucing sudah mati saat dikandungan atau baru lahir terus mati. Kemungkinan lain juga karena lahirnya lemah maka akan dimakan oleh induknya karena seperti halnya harimau, tikus, kucing juga mempunyai sifat kanibalisme dimana induk kucing sudah punya insting kalau anaknya tidak mungkin bisa hidup lama makanya langsung dimakan.

Jadi jika ada kucing telon yang bisa hidup sampai dewasa maka dia adalah pilihan dan benar-benar langka. Kalau kita umpamakan seorang yang mencari ilmu kesaktian, kan gak boleh menikah tuh biar gak memikirkan masalah keduniawian, kayak di film2 itu lho sob hehehe... Maka karena kucing ini memang pilihan, bisa lolos dari jeratan gen yang mematikan dan mandul (gak mungkin kawin kan??) jadi bisa juga kalo dia menjadi sakti dan bisa menjatuhkan tikus hanya dengan melihatnya saja hehehehe....

Percaya gak sob?? Atau setengah percaya setengah nggak percaya kayak saya hahahhahhaa.....

82 comments:

  1. percaya ga ya?? ga tau deh hehe, tapi terlepas dari itu aku suka banget sama kucing apalagi kucing itu adalah hewan yang tidak bernajis (maksudnya tdk seperti dogie), bahkan air bekas minumnya aja masih bisa kita pakai *cmiiw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing emang lucu, tapi hati2 lho sob, sama anak kecil suka nyakar hehehe...

      Delete
  2. jawaban yang ilmiah sob, tapi aku ga mudeng hehehe...

    maturnuwun infonya:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 sob, thanks juga kunjungannya :)

      Delete
  3. mmm..masalah gen sy ga paham mas...tapi masalah cerita kucing telon...saya atau keluarga saya pernah punya...
    waktu itu sekitar tahun 1978-an...umur sy kira-kira sekitar 7 tahunan..jd masih dapat mengingat dan menceritakan kejadian dengan baik.
    almarhum ayah sy senang dengan kucing....singkat cerita kucing yg kami pelihara (betina) beranak 5 ekor...salah satunya jantan belang tiga.
    dari keempat saudaranya, si jantan belang tiga ini sudah menunjukan perbedaan....saat buang air dia selalu keluar (pekarangan samping rumah dan ditempat yang tepat) dibanding dengan saudara2nya yang lain...(membuat repot orang rumah, mesti bersih-bersih)
    tapi sayang umurnya hanya sekitar beberapa minggu....Kucing jantan belang tiga itu akhirnya mati "dimangsa kucing jantan dewasa"..
    kata almarhum ayah,memang...kalau kucing jantan belang tiga dewasa...dia bisa jadi "me-raja-i kucing"...jadi sebisanya oleh kucing jantan lain mesti dibunuh....begitu ... ^_^ hehehe komen terpanjang ya mas??..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mitos yang kita dengar berarti sama ya sob hehehe....

      Mungkin juga sob dimakan sama kucing jantannya, mungkin dianggap musuh kali ya sob, soalnya genetiknya kan ada kelainan hehehe...

      Delete
    2. @aryadev om kalo om sendiri percaya sebenernya percaya gak ?

      Ato yg laen punya pengalaman tlong share ya? aku masi penasaran ttg matinya kucingku yg satu itu

      carita dkit om : ak pnya anak kucing 3 (1 pnya dua warna, yg 2 itu kucing telon, tau laki apa betinanya blm yqin aku)

      nah 2 hari lalu kucingku mati gak tau penyebabnya apa (Kejadian dini hari sktar jam 24 - 1 mlm) gak ada suara khas kucing berantem / ketakutan... yang ada cuma sekilas barang" di blkng rumah kya pada jatuh gitu

      abis kejadian mlm itu, pagi" aku cek uda pada gak ada yg ada cuma tu 1 kucing uda mati(Banyak darah di leher), yg laen gak tau kemana... tpi tu si induk kalo pagi n sore suka balik buat nyari makan,, masi penasaran penyebabnya,,, =_="

      Delete
    3. bos saya punya kucing telon jantan,lahir malam jumat.kalo ada yg maw beli,ni maw gue jual,hub 08812995010

      Delete
  4. yang saya tau sih kucing juga binatang kesayangan Nabi Muhammad sob :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, ane juga pernah baca kisahnya hehehe...

      Delete
  5. weleh biologi iki..

    jajal nek x + y = z iku opo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... gak ruh aku sob :D
      Thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  6. wkwkwkkkkkakaa....menurut gue bukan hanya kucing telon yg bisa mnjatuhkan tikus hnya dgn melihat, tetapi semua kucing bisa melakukan itu.
    mari kita praktekkan :
    taruh kucing merk (ibarat barang nih gkgkgkk..)apa aza diatas kayu/balok tempat tikus sering jalan, kemudian ketika tikus mo lewat, betapa terkejutnya si tikus ngeliat udah ada kucing nunggu. karena terkejut si tikus jatuh dan tak sadarkan diri hihiii....
    just kidding kawan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw.... tikus yang pingsan harusnya dikasih bantuan pernapasan sob hahahhahah....

      Thanks kunjungannya :)

      Delete
  7. kalau tempat saya rumor kucing telon ketika punya anak..dan anaknya jantan dengan warna telon.. katanya di makan sama pejantan yang menjadi bapaknya...om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sih sob, bisa saja sama yang jantan dianggap musuh karena secara genetik memang berbeda dari kucing yang normal.

      Delete
  8. Aku selama ini cuma tau part kalau warnanya tiga berarti perempuan :D
    Tiga warna, merah kuning ijo... hahaha gak mungkin ding itu mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merah kuning ijo jadi kucing pelangi ya un ahahhaha....

      Delete
  9. yg ane tau sih kucing telon jantan bnyk dicari harganya lumyan hhe,mksh sob untuk ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya langka sob, jadi mahal harganya :)

      Delete
  10. pernah denger dari nenek gw sob soal kucing jenis ini, tapi akhirnya pernah liat juga gw, emang bener dia semacem punya kesaktian gitu ya :D
    btw keren juga lo dapet nilai A, cieee.... calon prof masa depan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua malah belum pernah lihat sob, cuma prediksi gua karena memang langka sehingga kucing ini punya kelebihan hehehhe...

      Delete
  11. wow.. fakta yang terungkap, akhirnya penasaran waktu kecilku terjawab disini, hehehe,,,
    orang sekampung aja gak tahu lo sob hal ini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih sob :D
      Thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  12. bisa menjatuhkan tikus hanya dgn melihatnya saja..?
    sepertinya bagi yg mempunyai masalah dgn tikus2 di rumahnya hrs mencoba untuk memelihara kucing telon tuuh...
    hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... itu cuma prediksi saya mbak, pastinya juga saya belum tahu hehehhe....

      Delete
  13. Hmmm... Ini masalah mitos klenik deh kayaknya! Walo kemungkinan 0% tp tripoid-nya ttp bisa dirumusin, kan? Dan paling gampang kalo udah jadi jantan. Jantan belang 3 kawin ama betina manapun, hasil kromosomnya akan lebih condong ke belang tiga juga. Walopun jenis kelaminnya belum diUSG!

    Kalo ttg kesaktiannya? Blank! Sbagian ttp percaya kucing punya bnyak nyawa, dan kita wajib tanggung jawab kalo kita sengaja apa gk sengaja ngebunuhnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa sob, soalnya sifat gen jantan belang tiga steril, jadi gak bisa punya anak hahhaha...

      Bener sob, tempatku juga kalo ada yang nabrak kucing terus mati biasanya diurus dan dikubur kayak manusia hehehe...

      Delete
  14. apakah kucing telon lebih mirip dengan nama kambing bertanduk. Pertanyaanya, apakah ada kambing betina yang punya tanduk hehe saya hanya cuma membandingkan semua pertanyaan yang ada dalam otak saya. Moga bsa di jelaskan oleh pakarnya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sob kasusnya dengan kambing betina yang bertanduk.

      Kambing hutan yang betina bertanduk sob, walaupun tidak sebesar yang jantan. Mungkin karena proses domestifikasi sehingga tanduk kambing betina mereduksi.

      Delete
  15. Yah jelas akan jatuh si tikus. Orang dia GR diliatin kucing telon. Liat aja matanya tajem :)) kalo masalah mitos atau apalah itu aku juga sependapat denganmu gan. Percaya ga percaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... kayak loe aja zal GR kalo diliatin kucing :D

      Ya udah, leo ikut gua aja zal soal mitosnya hehehhe....

      Delete
  16. Saya punya kucing tiga warna ini tapi sayang 2 2 nya betina.
    oh jadi bgtu ceritanya ya.
    kalau di saya kucing yang bulunya 3 warna di sebut candra mawat.

    terima kasih infonya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Candra mawat ya sob hehehe..., emang yang jantan jaran sekali sob.

      Thanks sob kunjungannya :)

      Delete
  17. Waah ini ilmu genetik, ilmu tingkat tinggi ini mah atuh sob ,,, :-)
    Yah sayah dulu saat kecil di Tasik punya kucing telon. Kucing betina ini namanya ONET heheh inget sampe sekarang ,,,, oooh jadi probability nya 0% ya? hehehe saya nggak berfikir sampe situ. Saya kira warna di bulu kucing bisa terjadi pada jenis kelamin betina atau jantan, ternyata beda ya secara ilmu genetik.

    nice share sob
    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang beda, makanya jarang sekali kita temuin yang jantan hehehe...

      Delete
  18. baru tahu tuh masalah kucing telon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... jadi tahu kan sob. Thanks kunjungannya :)

      Delete
  19. klo kemunginan bs sj lahir dgn tiga warna...,
    tp klo kemampuan hny melihat langsung sang tikus jatuh maka ini gk mungkin.., 100% khyalakan tingkat tinggi...! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... bener sob, cuma tebakanku aja hehehe...

      Delete
  20. Setengah percaya setengah nggak deh! Di tempatku ada kucing telon juga, tapi wanita! :D

    ReplyDelete
  21. kirain minyak aja yang telon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... minyak telon yang buat bayi itu ya sob :)

      Delete
  22. Kucin telon...
    kucing anggora telon ada ngga yah.. :D :hohoho

    ReplyDelete
  23. penjelasanmu masuk akal. aku suka melihara kucing soalnya, dan emang daridulu aku sama bapakku tuch nyari kucing telon itu, tapi gak pernah dapat. kata bapak siy, dulu kakekku pernah punya tapi terus ilang.

    kata bapak juga, emang sulit nyari kucing telon, dan dari penjelasan diatas aku jadi ngerti dah. hehehehe

    ReplyDelete
  24. . . emmmmmmmmmmmmmmmmmm,, aq malah baru tau tentang kucink kayak gituan. he..86x. jadi aq no comment aja dech. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa vpie, yang penting absen hahah...

      Delete
    2. . . he..86x. hu um. yang penting aq dapet ilmu lah. he..86x . .

      Delete
  25. Replies
    1. Xixixi... ada juga yang amit2 lho nin :D

      Delete
  26. Mantap Artikelnya Sob.
    Boleh di katakan Mitos tapi cara pengkajiannya, dikaji dengan cara Ilmiah.

    ReplyDelete
  27. wah gila, benar benar ilmu sma keluar lagi. heheh, aku dulu paling seneng ni biologi, apalagi kalau solan kromosom gitu, wah aku paling seneng... paling seneng kalau ga ada gurunya. hahaha.
    ene jangan jangan kuliah di usud ya?hehe, taunya itu ane gan. btw minta email ente dong gan, sama telpon kalau bisa kirim ke drieant_18(at)yahoo.com ya. hehe, ada yang pengen ta tanyain gan. ok

    ReplyDelete
  28. wah, saya malah baru kali ini denger soal kucing telon....hehe...#ketinggalan banget yak#

    kebetulan saya nggak suka kucing sih, tapi besok kalo ketemu kucing ta' liatin deh apa warna bulunya telon atau nggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... kalo punya orang jangan diambil lho mbak :D

      Delete
  29. wah.. ane mlah baru denger mitos kayak gitu sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ane dah dari kecil dengernya sob hehehe...

      Delete
  30. kayaknya kucing kaya ciri-ciri diatas banyak di desa gw sob, itu tikus saking geernya kali sampe langsung semaput..

    uraiannya cadaaas...
    gw juga termasuk pencinta kucing.
    kucing bisa dibilang hewan yang paling bersahabat dengan manusia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... betul sob, thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  31. aku suka kucing, tapi baru denger ttg mitos kucing jantan belang 3 ini...
    kalo di daerahku, yg konon katanya bisa bikin semaput tikus hanya dari sekali lihat, adalah kucing yg item polos, hihi...

    terimakasih inponyah, aku jd paham kenapa dulu ada orang yg bilang "wahhh, kalo jantan laku dijual tuh" ketika melihat si mimi.

    oia, si mimi itu kucing liar betina belang 3, yg hidup di areal kampus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing hitam juga ada mitosnya juga sob :)

      Delete
  32. Saya pernah mengalami,waktu kucing saya melahirkan anak 4 ekor. Ketika si kucing lagi pergi maka saya coba lihat ternyata ada satu ekor kucing yang dimakan sama induknya karena tinggal badannya doang ( kepalanya udah hilang ).Setelah saya teliti lebih lanjut ternya kucing yg dimakan induknya tersebut berjenis kelamin jantan telon. Orang Jawa menamakan kucing jantan telon sebagai KUCING CHANDRA MAWA.Oh, ya saya ingin komentar.Mungkin mereka para ahli genetika akan melakukan OTAK ATIK GATHUK.Lalu bagaimana dengan Fenomena santhet adakah ahli kedokteran yang bisa menjelaskan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan otak atik gatuk sob, kan bisa di cek DNA nya.

      Delete
  33. Hohoho, ternyata itu alasannya. Kalo temenku cuma ngejelasin biasanya kucing telon jantan itu langsung dimakan bapaknya.

    ReplyDelete
  34. Nenak saya punya kucing jantan belang tiga.. sampai saat ini pun masih dipelihara.. dan badannya sangat besar diantara saudara''nya.... pada saat dia lahir, mmg tidak diperdulikan induknya.. tidak di asuh, dan diberi ASI.. lalu nenek saya lekas'' mengambilnya serta dirawat khusus.. mas kecilnya prilakunya aneh, suka menyendiri di pojok'' bahkan sembunyi di plafon.. alhasil nenek saya mengurungnya di kamarnya hingga besar.. kepintarannya klu iya mau buang air kecil n besar, iya mencakar'' dinding, lalu apabila pintu kamar di buka, iya langsung ke kamar mandi untuk membuang kotorannya... dan setelah dewasa prilakunya sama suka menyendiri dikamar.. tetapi sekali keluar kamar dan bertemu jantan lain, pastinya tidak ada yang berani melawannya.. dan anehnya lagi setiap iya keluar kamar banyak buntut cicak pada bertebaran dilantai seperti hujan buntut cicak...wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
  35. saya pnya kucing jantan telon,kalo ada yg minat hub 08812995010

    ReplyDelete
  36. Waktu ane msih bocah (usia sekitar 5 tahun), pas sore hari nemu anak kucing dipinggir sawah (ga tau asalnya dari mana), karna kita sekeluarga penyayang kucing (dirumah juga udah bnyk kucing)trus ane bawa pulang tuh anak kucing, waktu itu ane ga tau jenis-jenis kucing dan mitos tentang kucing (maklum ane msih nyusu, hehe), makin lama kucing yang tadi makin berbeda, antara lain ga pernah buang air sembarangan, makan ga pernah minta (rebutan) kayak yang lain, dia sayang sma kucing yang msih kecil dan bnyk lgi, ternyata eh ternyata.. itu kucing jantan 3 warna (kata tamu yang datang dari dusun sebelah), tpi kalau menurut ane sech warnanya bukan 3 malah 4 (abu-abu, kuning, putih dan hitam), kucing itu mau diminta (adobsi) sama si tamu tapi ga dikasi sama ane (ampe nangis waktu itu, maklum anak kecil, wkwkwkk), kucing itu menjadi anggota keluarga ane selama 9 tahun, sebelum akhirnya dia R.I.P, waktu itu ane pas kelas 3 SMP (mau ebtanas), kesimpulannya: MITOS tentang kucing jantan 3 warna itu benar (pengalaman pribadi ane)KRETERIA kucingnya mandul (ga pernah kimpoi), prilaku baik dalam bnyk hal, berwibawa (anjing aja takut boro-boro kucing jantan lain), ga suka maksa minta makan dan kalo ngasi makan jgn dilempar (ga bakalan dimakan tuh ikannya), dekat sma majikannya (kayak ngerti apa yang kita omongin), kalau sakit/ meriang dia selalu pergi entah kemana (nyari obat dihutan kayaknya, hehe)trus pas balik rumah udah sehat lagi dan yang paling aneh kalau dikampung lagi musim wabah penyakit ternak unggas (kalo sek flu burung kali ya) dirumah ane ayam, bebek dan itik semuanya sehat walafiat, sampe warga pada bingung, terakhir pas kucing itu R.I.P (kira-kira 7 hri setelahnya) dikampung ane terjadi banjir besar, padahal waktu itu belum masuk musim banjir dan dikampung selama 30 tahun terakhir ga pernah kena banjir, ya kira-kira seperti itulah cerita si kucing jantan 3 / 4 warna, sorry jdi panjang ceritanya, wkwkwkwkkkk !

    ReplyDelete
  37. ane pernh liat sndri si induk makan anknya sndri yg
    warna bulunya 3mcm jnis kelaminya jantan,soalnya induknya nglairin di kmr ane...jd mitos di mkn induknya itu bnr..tp alasan knp di mkn mungkn artikel di atas bisa saja bnr adanya

    ReplyDelete
  38. kuncingku belang 3 jantan kemaren di makan bapaknya dan tinggal kepalanya adj, dan mitosnya sma dengan yg agan critakan

    ReplyDelete
  39. katanya harganya ratusan juta yah ngeriiii. kemarin kucingku baru ngelahirin ada yg belang 3, tapi belom di cek jantan atau betina

    ReplyDelete
  40. kalo kembangtelon jantan mandul, aku pernah ketemu contoh kasus seperti ini: gimana kucing loreng kuning bisa punya anak kembangtelon kalo pejantannya bukan kembangtelon? padahal anak yg ada hanya loreng kuning (sama dgn induk betina) dan kembangtelon (sama dgn bapaknya?)

    trus soal mitos kucing candramawa, setahuku beda dengan kembang telon.. tidak semua kucing candramawa adalah kembang telon..
    menurut cerita orang tuaku, mbah putri pernah punya kucing candramawa, warnanya kuning kecoklatan (kembang asem), setiap hari selalu ikut mbah putri ke pasar (jalan kaki) yg jaraknya sekitar 2 km dan menemani berjualan, memang type kucing yg tidak ngrepotin majikan..
    masalah kucing itu bisa dipercaya sebagai kucing candramawa, selain perilakunya yg beda dgn kucing kebanyakan, juga karna seringkali dgn mudahnya si kucing mendapatkan tikus, burung bahkan tupai..
    kebenarannya.. wallahu'alam

    ReplyDelete
  41. aku punya kucing belang tiga ada 2 , dan semuanya itu kucing betina :)

    ReplyDelete
  42. kejadiannyabaru saja aku alami tadi subuh, aku punya kucing betina melahirkan 3 anak, 1 betina berwarna telon, 2 jantan berwarna kuning dan yang ke 3 jantan.berwarna telon usianya baru 13hari. pas tadi subuh ibu teriak2 aku langsung bangun ternyata kucing telonku yg jantan dibawa kucing jantan sudah dicengkram kuat mau dimangsa ibu lansung memukul kucing jantan itu dan melepaskan bayi kucing telonku yg di cengkramnya, alhamdulillah ga jadi dimakan tapi bekas gigitannya dalam dan banyak mengelurkan darah. aku obati sebisanya sampe sekarang masih teriak2 kesakitan, lemah bgt :( semoga dia masih bisa bertahan :( :'(

    ReplyDelete
  43. Di daerah sy mitos tentang kucing 3 warna ato dalam bahasa bugis disebut meong palo ada banyak sekali,misalnya saat proses kelahiran nya,jika banyak kucing yg berdatangan & ribut,maka diperkirakan ada kucing 3 warna jantan yg akan lahir,maka saat lahir si induk akan di paksa memakan anaknya yg 3 warna jantan,oleh kucing lain,jika induk nya keberatan,maka bapak biologis nyalah yg akan di minta untuk mengeksekusi sang anak kucing 3 warna yg berkelamin jantan,krn kucing yg lain tidak akan tenang Klo kucing 3 warna jantan masih hidup,adapun mitos menghindari terbunuhnya sang kucing langka,maka orang yg menginginkan kucing 3 warna jantan untuk dia pelihara,haruslah mencari tempat melahirkn si induk yg pastinya tersembunyi,& menunggu sampai kucing tersebut lahir,& berebut dgn induk serta bapak kucing 3 warna jantan tersebut,menurut mitos si peminat nya jg haruslah berhati2,krn kemungkinan kucing lain pun jg bisa saja menyerang orang yg memegang bayi kucing 3 warna jantan tersebut,adapun bila sudah berhasil mendapatkan nya,hendaknya di simpan di tempat yg aman,seperti di taruh di dalam sangkar besi,krn kucing lain akan terus mengincarnya,adapun Klo dia sudah besar,selain di yakini memiliki banyak kelebihan di banding kucing lain,kucing jantan 3 warna ( meong palo) dewasa jg di yakini akan keluar tanduk tunggal di kepalanya,tepat pukul 00:00 diwaktu malam jumat,yg konon tanduk tersebut jika ada orang yang berhasil mendapatkan nya akan mendapati banyak kelebihan/tuah dari tanduk tersebut,misalnya mengobati orang sakit,di pakai buat mengusir hama dari sawah & sebagainya..
    tapi yang namanya mitos,tetaplah sesuatu yg masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat,adapun persoalan percaya gak percaya,itu kembali ke pribadi masing2,krn sy sendiri pun belum pernah melihat kucing jantan 3 warna ( meong palo ) tersebut..

    ReplyDelete
  44. emang bener kucing blang tlon jantan susah nyari,kalo kucing telon betina byak, bhkan ada yg jadi artis dangdut.. dgn goyangan yg mantap menggoda,hahahahahahaha

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP