Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Sunday, June 17, 2012

Belum Ada Judul, Jadi Sementara Judulnya Ngutang.

Akhirnya selesai juga me reply semua komentar sobat-sobat semuanya. Maaf nih sobat, baru sempet buka dashboar lagi dan coba-coba isi postingan karena bener-bener lagi buntu dan belum niat untuk buat postingan.

Nggak tahu ya sob, saya itu kalau lagi banyak masalah semangat ngeblognya jadi turun drastis. Tapi masalah juga kalau di pikirin nggak bikin kantong tebel, mending dicuekin aja hehehe... Kata orang jika masalah kita anggap ringan maka akan menjadi ringan kayak ditimpuk kapas 1 kg. Eh sob, kapas 1 kg sama batu 1 kg kan sama berat ya? tapi kalau disuruh memilih, pasti deh kita memilih ditimpuk kapas 1 kg. Kok bisa gitu ya sob?? (pertayaan geje nih sob hahhaa...)

Mengapa Matematika itu Sulit


Gambar dari sini

Sering ya kita dengar cerita-cerita dari anak-anak sekolahan atau pengalaman kita sendiri saat masih sekolah dulu. Biasanya dan umumnya memang siswa menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit. Kok bisa ya sob? Kalau dirunut lagi, sebenarnya siapa atau apa sih yang bertanggung jawab atas munculnya pemikiran itu? Benarkah matematika itu sulit?

Kalau menurut saya yang membuat pelajaran matematika itu terasa sulit :

1. Mitos. Ya mitos dari sejak jaman baheula mengatakan bahwa pelajaran yang paling sulit, paling ditakuti, paling bikin pusing, dan biasanya gurunya galak adalah matematika. Dan mitos ini sudah meracuni anak dari sejak mulai sekolah atau bahkan sebelum sekolah sudah mendengar dari cerita temen-temennya. Jadi sekali kita berfikir bahwa matematika adalah masalah yang sulit untuk dipecahkan, maka siswapun tentu saja akan merasa grogi duluan dan pada akhirnya akan menjadi sulit beneran. Jadi yang harus kita tamankan adalah bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

2. Cara guru mengajar. Pengalaman saya memang guru-guru matematika saya dulu biasanya galak-galak dan suka njejer (bahasa indonesianya apa ya, kalau disiuruh berdiri didepan kelas, di strap kali ya sob hehehe...) kalau siswa tidak bisa mengerjakan soal di papan tulis. Mungkin karena siswa yang diajari susah nangkapnya jadi gurunya gregeten (tidak sabar) dan menjadi kelihatan galak. Mungkin juga karena racun mitos tadi sudah tertanam diotak para siswa, sehingga siswa sendiri jadi sulit untuk memahami. Jadi mungkin sebaiknya guru-guru metematika bisa membuat metode dan situasi belajar mengajar yang membuat siswa nyaman dan lebih mudah untuk memahami pelajaran matematika.

3. Matematika itu memahami dan bukan menghafal. Ini yang menurut saya paling fundamental. Kalau saya perhatikan siswa-siswa sekolah selalu menghafal rumus-rumus matematika, bayangkan saja ya sob, rumus matematika itu kan biasanya dilambangkan dengan huruf-huruf ya, misalnya p=panjang, l=lebar, t=tinggi dan V=Volume, maka volume balok (V=p.l.t). lha kalau dibalik V=panjang, p=lebar, l=tinggi, t=Volume, maka siswa yang suka menghafalkan rumus-rumus saya jamin akan kebingungan untuk menghitung volumenya. belum lagi jika sudah menghitung volume tabung, kerucut, limas atau bola. Jadi, menurut saya yang paling penting untuk diajarkan ke siswa adalah bagaimana cara memahami apa sih sebenarnya luas itu, apa sih volume itu sehingga jika siswa sudah faham maka walaupun lambang-lambang suatu bangun datar ataupun bangun ruang dibolak balik atau diganti-ganti siswa tidak akan kebingungan dan pasti bisa mengerjakannya serta akan mengatakan kalau matematika itu sangat mudah.

Mungkin itu saja yang bisa saya sharing kali ini sob, karena memang lagi gak punya ide jadi tanpa bahan langsung aja ketik nih postingan dan itu semua menurut saya ya sob, jadi maaf jika ada Bapak atau Ibu Guru yang kebetulan membaca postingan ini jika kurang berkenan. Bagaimana menurut sahabat-sahabat blogger semuanya? Apa menurut sobat-sobat yang membuat matematika itu terasa sulit? silakan di share di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung :)

55 comments:

  1. Itu pemahamanku dulu saat masih SD kang bahwa matematika sulit. Tapi semenjak menginjak Mts, matematika itu mudah karena gurunya mengajarkan teknik memahami bukan menghafal. Kalau sudah paham sekali saja, maka akan ingat terus kang.

    ReplyDelete
  2. aku termasuk yang setuju kalo matematika itu memang sulit lho....hehe....

    ReplyDelete
  3. dari pada matematika.. ane lebih senang fisika.. dua duanya mengasikkan ketimbang biologi.. :D

    ReplyDelete
  4. buat aku dan temen2 SMA dulu matematika juga termasuk pelajaran yang sulit, jadi kalau ketemu gurunya saja sudah gmn gitu

    ReplyDelete
  5. dulu aku ingat, guru matematika di smp ama sma sangat kejam, jadi supaya ndak kena penggaris, harus banyak belajar

    ReplyDelete
  6. Ki maksude piye, Mas Sob...

    Kerjaane sampeyan ada hubungannya ama itung2an gituh ya? ^^a

    ReplyDelete
  7. menurut ane, pelajaran paling sulit tuh. Bahasa indonesia gan, pelajaran untung-untungan ;D

    ReplyDelete
  8. belum ada judul hehhehe


    matematika...lariiiiii...

    ReplyDelete
  9. kalo dulu ane juga seneng sama matematika, tapi begitu keluar kelas kok lupa lagi yah...

    ReplyDelete
  10. sangat sulit mas,
    tapi lebih gampang lah drpd biologi

    ReplyDelete
  11. Semangat dong sob, nihh blog maju loh.,, ^_^
    tapi ngomong2 jdul artikelnya koq aneh ya, hehheee...sory sob!
    thanks sebelumnya...

    ReplyDelete
  12. "Belum Ada Judul," aku keingat sama lagunya Iwan Fals yang judulnya kayak gitu. Hehe..
    Eh salam kenal ya, follback yak^_^

    ReplyDelete
  13. 1,2,3...Alhamdulillah saya gak ngalami. Saya gak ikutan mitos ttg matematika sulit karena guru-guru matematika yg ngajar pada seru orang-orangnya dan tiap kali mengajar sudah dikondisikan utk memahami [bukan menghafalkan]...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem sama Ririe... guru-guru matematika ku asyik2, terutama yang di SMU, selalu berusaha untuk memisalkan yang sulit itu gampang.
      si sulit dibungkus dengan variable X, baru diselesaikan dengan cermat, setelah hasilnya dapat, baru bungkusan X tadi di buka, dan diaplikasikan hingga terlihatlah penyelesaiannya. Gampang bener!
      #pasti ga ada yang paham nih kayaknya? #Alaika sedang mengenang saat-saat si bapak guru mengajar sih... :D

      Delete
    2. Kalau guruku SMA dulu suka bilang: kerjakan yang sulit maka kamu otomatis bisa mengerjakan yang mahal. Enak, seru dan gak membosankan deh kalau GUru matematika ngajar...nah kalau sejarah tuh yg bikin ngantuk...#maaf bukan diskriminatif

      Delete
    3. eh, ralat: mahalnya salah ketik..mestinya MUDAH..hehehe

      Delete
  14. Ada aja yang mesti di share ddari sobat saya satu ini. salut banget semangat sob

    ReplyDelete
  15. Saya waktu masih sekolah juga begitu. Matematika menjadi lebih sulit karena gurunya galak. Setuju deh sama ini artikel.

    ReplyDelete
  16. cara guru mengajar yang selalu membuat matematika sulit.. dan malas berlatih juga salah satu masalahnya...

    ReplyDelete
  17. yee..menanggapi yang kilo-kiloan aja...kalau kapas 1 kg dengan batu 1 kg ya ga ada mendingnya....sama-sama beresiko benjul-bentjul...kacuwali..ye kacuwali lho....kapas satu karung dibanding batu satu karung..naaaa ini baru beza resikonya...

    ReplyDelete
  18. wew, lebih asikan juga pelajaran sejarah, dijamin langsung hafal, hihihiy, otak ane buntu 100 pintu sob jadi kebelinger soal matematik, mendingan logika algoritma dah, hahay :))

    ReplyDelete
  19. yang bikin susah adalah niat nya,, ga da niat mo belajar mtmtikaa.. hahaaa

    ingat jaman SMA dulu, ulangan harian mtmtka pasti slalu ngulang ... wkwkwkwkkk

    ReplyDelete
  20. matematika memang pelajaran yang sulit bagi saya, karena otak yang pas pasan hehe...

    ReplyDelete
  21. bujug dah... judul pake ngutang, moga pas ngelamar jeng Una maharnye kagak ngutang ye...hahhaaa :p

    kalo gue pribadi sih yg bikin mualesss ma MTK itu karena cara ngajar gurunye, nyebelin banget dah..

    ReplyDelete
  22. Matematika itu gak buat gue gak sulit bro. yang sulit itu justu jawabannya hahahahahaayyy..! artikel elo juga sulit tuh, belum ada judulnya gkgkgk!

    ReplyDelete
  23. siapa bilang matematika nyebelin? ga juga, ane paling suka matematika gan, ane paling suka tu kalau ga ada gurunya. heheheh,
    tapi jujur ane suka loh, karena ane memahami, bukan menghapal. klo yang menhapal, pasti kesulitan. tapi memang gitu kebanyakan guru mengajarkan, apalagi guru seram. ya kebanyakan gitu.

    ReplyDelete
  24. waduh ngomong2 masalah reply komen sepertinya postingan2 trakhirku ga aku jawabin tuh komennya :D *ga ada yang nanya*

    matematika sulit karena udah paradigmanya seperti itu, yup betul cara gurunya mengajar yang kadang bikin matematika jadi sulit, coba kalau diajarkannya sambil nyanyi2 atau di bikin drama gitu, kali aja jadi gampang dimengerti :D

    ReplyDelete
  25. mungkin karena sudah dicap sulit jadi keterusan sulit ya :)

    ReplyDelete
  26. "Matematika itu memahami dan bukan menghafal" setuju banget sob..... guru saya juga sering bilang begitu.... ^^

    ReplyDelete
  27. matematika...saya suka karena gurunya..

    ReplyDelete
  28. kesulitan itu hanyalah sugesti yang berasal dari pemikiran kita sendiri.. :)

    ReplyDelete
  29. kalo saya emang ga bakat matematika, seenak dan semanis apapun guru saya menjelaskan, tetep ga bisa nyelesaikan soal. Waktu dijelasin sih paham. Tapi begitu dikasih soal, watttaaa, langsung blank hahaha..

    ReplyDelete
  30. ayolah kembalikan bung anak rantau seperti sedia kala =D

    ReplyDelete
  31. . . waduch,, tiap kale pelajaran matematik. aq selalu aja bolos. makanya aq suka males kalo ketemu sama mata pelajaran maupun gurunya. he..86x . .

    ReplyDelete
  32. huehuehue
    jadi inget bu siti ...
    u.u
    masa masa sma kini sudah berlalu

    ReplyDelete
  33. SEPERTINYA SOAL "SELERA" JUGA, SEPERTI MAKANAN. Ups maaf kepencet caps lock. Kalo makanan kan ada makanan yang kita suka, ada yang tidak. Saya sejak SD sampai SMA suka sekali matematika tak peduli mo bagaimana gurunya mengajar.

    Ayah saya suka matematika. Sekarang sulung saya yang kelas 5 Sd juga suka matematika.

    Mungkin juga karena genetika ya? Entahlah :)

    ReplyDelete
  34. Apdet apdet... mesti lagi mikir "Paling Indonesia" tow?

    Iklanmu wis tak klik Mas Sob, yen gajian soko GA, bagi bagi loh :D

    ReplyDelete
  35. Setuju banget dengan tulisan diatas.

    ReplyDelete
  36. Dulu sih matematika SD-SMA gamping...
    Pas kuliah angele polll. Dadi sengit aku!!! *eh*

    ReplyDelete
  37. matematika akan terasa sulit kalau gurunya kurang bagus dlm mengajarkannya

    itu pernah aq alami
    ketika SMP pel mtk dan fisika nilaiku lumayan lah dan kedua pel itu jadi favoritku
    gurunya enak dlm menerangkannya

    tapi pas SMA nilai matematikaku ancuuur...
    karena gurunya sibuk menerangkan sendiri di papan tulis tanpa peduli muridnya udah paham atau belum

    ReplyDelete
  38. waktu SD aku nggak suka pelajaran matematika

    bagus judulnya sob

    ReplyDelete
  39. Matematika itu mengasyikkan apalagi jika langsung di praktekkan dengan kenyataan....
    Judulnya matematika aja,hehe

    ReplyDelete
  40. Numpang nampang disini ah.., salam kenal aja thanks.

    ReplyDelete
  41. Matematika gak sesulit ngeblog, sob! Kita gak pernah ngutang rumus, kan? Apalagi ngutang judul! Bhahaha, tp kita suka ngutang bewe dan ngeriply komen, kan? Bhahaha #lagi

    ReplyDelete
  42. segala sesuatu itu hanya ada dalam kuasa pikiran kita. kalau kita anggap susah, dijamin bakalan susah, kalau mikirnya gampang, akan mudah terus. Tapi kalu aku dasarnya memang ga suka matematika, jadi ga mau nyari tau ajah, heheheh *Pemalas

    ReplyDelete
  43. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.



    #Semoga sehat selalu :D

    ReplyDelete
  44. Tergantung mindset memang . . .
    Kalau kita berpikir susah, yah liat aja pasti akan menjadi susah...
    Tapi kalau kita berpikir mudah, Insya Allah akan mudah jadinya . . .
    U Can If U think U can ^^

    Semangat saja !!! Insya Allah Bisa!!!

    ReplyDelete
  45. matematik insya Allah tidak sulit karna saia selalu berbaur dg matematik.. yg sulit ntu PPKN terutama UUD heehe

    ReplyDelete
  46. saya ini yang lemah soal matematika, ujian nasional kemarin saja paling jelek nilai matematika :D

    ReplyDelete
  47. hmmm, gak bisa dipungkiri kalo mtk sama fisika memang sulit kang...

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP