Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Monday, September 17, 2012

Mitos Tentang Kupu-Kupu

Temen-temen pernah melihat kupu-kupu masuk kedalam rumah? Kalau yang pernah tinggal di kampung pasti pernah ya. Nah, pada postingan kali ini saya akan cerita satu mitos tentang kupu-kupu yang dulu ketika saya tinggal di Solo sangat dipercaya oleh masyarakat tempat saya tinggal.

Tidak semua kupu-kupu sih yang termasuk dalam mitos, tetapi kupu yang sering hidup di daun pisang. Saya sudah googling tapi kok nggak ketemu ya nama biologinya, kalau orang Solo biasa menyebutnya "Kupu Dayoh" (Dayoh = tamu #bahasa jawa). Gambarnya juga gak saya temukan di google, tapi kira-kira seperti dibawah ini.

Sumber gambar disini

Jadi menurut kepercayaan orang di Solo, jika ada Kupu Dayoh yang masuk kerumah, berarti hari itu akan ada tamu bertandang. Jika kupu-kupunya ukurannya kecil kemungkinan yang datang orang biasa, misalnya temen atau saudara jauh. Jika yang masuk rumah Kupu Dayoh yang ukurannya besar, berarti yang akan kedatangan tamu orang yang mempunyai kedudukan, misalnya Kadus atau Lurah.

Saya sendiri sebenarnya nggak percaya sih sama mitos-mitos seperti itu, cuma mungkin karena sugesti, percaya nggak percaya tapi kenyataannya memang jika ada Kupu Dayoh yang mampir kerumah setahu saya dulu memang selalu saja ada tamu yang datang.

Sobat ada yang percaya? Apa ditempat temen-teman ada juga mitos seperti diatas?

51 comments:

  1. Emang ada mitos kaya gitu. Cuma ya nggak merhatiin beneran ada tamu ato nggak :D

    ReplyDelete
  2. Kalau ditempatku ada mitos kaya gitu sob.
    Tp belum pernah terbukti, dulu sempat ada kupu-kupu dayoh masuk ke rumahku, tp gk ada tamu yg datang tuh. Keesokan harinya jg gk ada tamu yg datang.
    Jadi belum percaya sob.

    ReplyDelete
  3. kalo di kampung saya, jika akan ada tamu datang bukannya kupu-kuypu sebagai pertanda, tapi suara kicauan 'manuk prenjak' yang ada di sekitar rumah kita

    ReplyDelete
  4. kemarin dipengajian baru saja dibahas mengenai ini, termasuk salah satu perbuatan syirik katanya :)

    ReplyDelete
  5. MItos ttg kupu-kupu sb pertanda aakan ada tamu ini juga ada di desa saya, demikian juga dengan kicauan suara prenjak...biasanya mmg ada seseorang yg datang ke rumah, wktu saya masih kecil kalau ada burung prenjak bunyi maka tak lama kemudian ada salah satu kakak saya yg mudik. Akhirnya saya jd suka mengartikan demikian...

    ReplyDelete
  6. kalau dari kecil juga dikasih tanya seperti itu.. selalu ada tamu yang akan datang.. jadi kalau melihat kupu kupu di dalam rumah rasanya senang saja...

    ReplyDelete
  7. baru tau mitosnya kang#smile , ,maklum buka orang solo

    ReplyDelete
  8. kunjungan silaturahmi sob...

    sama nih kaya di tempat saya...
    ada kupu2 masuk rumah mitosnya ada tamu...

    ReplyDelete
  9. gue pernah juga denger kayak gitu sob.. waktu kecil, kalo ada kupu" ke rumah, berarti ada tamu.. kadang bener sih,, :D

    ReplyDelete
  10. sebenarnya percaya ga percaya sobat, tapi kadang ane juga ngalamin seperti itu, kalo ada kupu2 ehh ada tamu yang datang

    ReplyDelete
  11. Manuk Prenjak, Kang.... kicauannya sebagai pertanda bakal ada tamu. katanya seeeh.

    Kalo kupu2 itu katanya ruhnya simbah lagi rawuh... haha. Yaa mungkin ajah biar kita tidak seenaknya membunuh binatang, kan?

    ReplyDelete
  12. . . setau aq sich kalo ada kupu^ masuk rumah artinya akan kedatangan tamu. tapi entah dech, antara percaya n gak. he..86x . .

    ReplyDelete
  13. walah nembe krungu..kang.. mitosnya..he.he.he..

    ReplyDelete
  14. ane gak percaya gan, rumah ane di desa, jarang kupu-kupu masuk rumah, tamu banyak yang datang.

    nb:maklum, tukang jait :D

    ReplyDelete
  15. di halaman rumahku ada puluhan kupu kupu, pernah sih beberapa masuk rumah tapi ya nggak sellau ada tamu :)

    ReplyDelete
  16. ning ndisoku yo ono dab! biasa wong tuwo yo sering matur ngoten iku! gue sebagai anak muda ya pitados mawon,,, :)

    ReplyDelete
  17. dulu ada sich kata orang tua dulu, katanya kalau masuk kupu2 dlm rumah kedatangan tamu, atau jodoh gitu, tapi gak tau juga ntah betul atau tidak.

    ReplyDelete
  18. kalo di tempatku di jombang juga begitu kang

    adalagi yang lebih mistis, kalo ada burung gagak seliweran malam hari, berarti besoknya pasti ada orang meninggal

    ReplyDelete
  19. punyaku juga begitu cerita mitosnya

    ReplyDelete
  20. di daerahku g ada mitos tentang kupu2 sob...

    ReplyDelete
  21. Sama .. mitos di kampung ibu saya (Gorontalo) juga begitu ... mau ada tamu katanya :)

    Btw, baru ngeh kalo namanya Budi Justice... toh :D

    ReplyDelete
  22. Sip bener
    ternyata masih ya
    ditempatku juga masih dipakek, sama burung cemblek sob

    Salam Silaturhmi

    ReplyDelete
  23. kalo di kampung gue, mitosnya sama kawan. begitu ada kupu2 dalam rumah, tandanya akan ada tamu juga.
    btw, maaf nih baru bisa hadir lagi dan inipun masih dalam proses pemulihan kondisi badan sob.

    ReplyDelete
  24. ternyata punya blog justicefarm yaaa :D

    ReplyDelete
  25. mantap mas ttg mitos kupu-kupu seolah2 ingat pelajaran biologi...., tks
    mampir ya jika berkenan

    http://filmtitanic.blogdetik.com/

    ReplyDelete
  26. Orang tua dulu sering bilang begitu dan ada kenyataannya mas.... Benar mas tidak semua kupu-kupu

    Trus kalo kupu-kupu malam gimana....?? (hhe)

    ReplyDelete
  27. kupu dayoh..?
    lama banget baru dengar lagi istilah itu
    hehe

    ReplyDelete
  28. dirumah ibu saya dikampung juga sering kedatangan kupu dayoh mas

    kalo dirumah saya dibayang malah nggak pernah ada.

    ReplyDelete
  29. ralat mas, maksudnya kalo dirumah saya dibatam malah nggak pernah ada...hehe

    ReplyDelete
  30. podo kang,
    cuman kalo kupu dayohnya masuk rumah
    trus ditangkep sama tokek
    nah,
    itu yg belum nemu apa tafsirnya hehehe

    ReplyDelete
  31. bukan hny di Jawa sob di makassr jg demikian.., cuma gk terbatas nama kupu2x, gk nyangka ternyata di Jawa jg demikian ya... *smile

    ReplyDelete
  32. karena keluarga saya orang jawa waktu masih kecil ya dibilang begitu ada tamu, sama dengan burung prenjak itu lho...

    ReplyDelete
  33. Mitos itu sempat ane percaya pas waktu kecil. Kalau sekarang mah nggak percaya. Banyak yang nggak terbukti.

    ReplyDelete
  34. percaya gak percaya, tapi kalo ada kupu-kupu pasti bakal saya kejar buat difoto-foto...hehee
    karna polusi meningkat kupu-kupu yang cantik-cantik jarang keliatan lagi :(

    ReplyDelete
  35. kalo didaerah saya kalo ada kupu-kupu kang biasanya dapet rezeki

    ReplyDelete
  36. mitos itu ada sampai sekarang
    bahkan emakku lebih parah lagi
    menurut emak, kalau ada kupu-kupu masuk rumah, bakal ada tamu bawa rizki
    hehe itu kata emakku
    buktinya aku juga gak tahu.....!

    ReplyDelete
  37. kalo daerah saya makassar (bantimurung)... kupu-kupu malah di kembangbiakkan ...hehe maaf gak nyambung

    ReplyDelete
  38. Mitos.???PercyaGakPercya :D
    DiTngguKnjganBaliknyaSOb :D

    ReplyDelete
  39. Saleum,
    Pernah tuh seekor kupu2 besar yang cantik masuk kerumah, seperti anggapan semula pasti ada tamu besar yang datang. tapi setelah dua hari ditunggu gak ada satupun tamu yang datang kerumah. ternyata cuma mitos doang

    ReplyDelete
  40. thok thok thok...
    Assalamu'alaikum.... eni badi hom?

    ReplyDelete
  41. disini jga suka ada yang bilang gitu. sehat mas bro?

    ReplyDelete
  42. mampir kunjungan nih.. aku pertama kali datang gk ya?? ragu*

    ReplyDelete
  43. betul... dulu waktu aku masih kecil juga sering denger mitos soal kupu-kupu dan tamu yang akan datang.. Sampe kalo ada kupu-kupu putih hinggap dirumah katanya bakal ada yang mau meninggal... kalo inget mitos itu sekarang suka mau ketawa sendiri...

    ReplyDelete
  44. di tempatku juga da gan mitos seperti itu, katanya mau ada tamu. tapi sekarang ud ga ad lagi kupu kupunya, apa ud punah ya?

    ReplyDelete
  45. Sy pernah dengar cerita seperti itu dr ibu sy n beberapa orang tua..
    Percaya atau ngk ya? sementara fifty fifty lah, hehe

    ReplyDelete
  46. sama halnya dengan yang ada di kampung saya Sobat.. saya sendiri kadang bingung juga dengan mitos2 yg ada. waktu di percaya kadang g terbukti, tapi giliran di remehin malah terbukti Sob..

    ReplyDelete
  47. ada lg gan "artinya" kalo kupu2 msuk rumah, klo kupu2'a dilihat istri. alamat perang dunia ketiga.. soale2 kupu2'a BOHAY and pake ROK MINI gan.hehe

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP