Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Thursday, November 1, 2012

Dolanan

Bingung ki sob meh nulis opo, tapi arep ora nulis yo ketok'e ora patut wong yo jarene ngakune blogger sejati kok yo jarang-jarang gawe postingan hehehe... Buka blogke Mas Haris Samaranji yo malah ragu termasuk blogger opo dudu. Terus mlaku maneh mampir nggone Mbak Ririe Khayan di suguhi tulisan malah aku soyo bingung. Yo wes dari pada binggung tak tambahi tulisan sing marahi mbingungi sisan hahahha....

Dolanan itu kalau bahasa Indonesia mungkin permainan atau mainan. Masih ingat permainan kita sewaktu masa kecil dulu? Pada kesempatan ini saya ingin posting macam-macam permainan ketika saya masih kecil dulu. Karena di Indonesia ini terdiri dari banyak sekali macam suku, sehingga jenis-jenis mainan anak-anaknya tentu sangat berbeda-beda. Tapi gak tahu kalau zaman sekarang mungkin mainan-mainan anak-anak seperti saat saya kecil dulu sekarang sudah tidak dimainkan lagi kalah dengan boneka berbi dan mainan-mainan modern dari barat bahkan anak kecil sekarang pun sudah pada mainan pesbuk.

Mungkin permainan anak-anak ini sama dengan di tempatnya temen-temen tetapi dengan nama yang berbeda. Karena sudah lama jadi mngkin saya sudah agak-agak lupa, jadi jika ada yang salah atau kurang lengkap temen-temen bisa menambahinya.

1. Slodhor.

Gambar dari sini.

Temen-temen mungkin familiar dengan permainan Gobak Sodor. kalau tempat saya namanya Slodhor. "Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan." Sumber Wikipedia.

Kalau ditempat saya dulu biasanya saya dan temen-temen sebaya bermain slodhor ketika terang bulan terutama bulan purnama. Bukan apa-apa sih sob, memang waktu saya kecil listrik belum masuk ke kampung saya, yang ada hanya lampu petromak jadi kalau malam selepas ngaji kita bermain dibawah terangnya sinar rembulan. Asik ya sob, kalau dibayangkan kayak dongeng aja hehehe...

Terus bikin garisnya pakai apa dong? orang malam-malam kan gak kelihatan garisnya. Jadi agar garisnya bisa kelihatan jelas bikinnya menggunakan air sob. Jadi ambil air sumur dengan teko (jawa = ceret) terus dibuat garis-garis dengan menumpahkan sedikit-sedikit (jawa = ngiling) sehingga terbentuk area untuk bermain slodhor.

Sementara untuk permainan lainnya bersambung ya sob hehehe....


19 comments:

  1. Pertamaaaxxx (semoga)
    *sambil ngos ngosan ngelap iler*

    Lho, biasanya kan pake lapangan bulu tangkis tho Mas Sob. Yen nang kampungku yo garis lapangane kuwi soko pring sing wis dibelah2 ngono.

    ReplyDelete
  2. Wah aku terakhir main gobag sodor pas SMP, pengen main lagi... tapi karo sopo @.@

    ReplyDelete
  3. kemana aza nih. lama gak hadir!
    beda era memang beda juga bentuk mainan yg digunakan. sekarang anak2 pada pegang stick game, dulu mainannya hampir mirip seperti dolanan ini, tapi namanya "BALEWANG". itu di tempat saya. sampai sekarang kalo dikampung udah jarang ada mainan kayak gini, soalnya ke kota cuman 15 menit jadi suka main lebih modern!

    ReplyDelete
  4. waktu saya kecil, maenan begitu namanya gala hadang, atau gala kepung :D

    ReplyDelete
  5. jaman aku cilik dolananku yo slodhor lho mas...hehe....

    ReplyDelete
  6. kadang buat perlombaan di acara 17an

    ReplyDelete
  7. Terakhir maen kalo ga salah pas SD, eh udah jarang banget maen gituan, yaudah yang masih SD, SMP lestarikan ya permainnanya :D

    ReplyDelete
  8. Pantesan tadi kedutan, trnyata ada yg mention kebingungan saya di sini neh.

    Gobak sodor dulu sering saya mainkan tiap olah raga jaman SD. Asal ada pelajaran OR, murid-mridnya di lepas di lapangn trs di suruh main kasti atau gobag sodor smapai jam 9.

    ReplyDelete
  9. wah kalau nama di jakarta, ini namanya galaksin. emang anak anak sekarang sudah pada lupa dengan permainan tradisional, padahal lebih enak dan asik bermain bersama, praktis lagi. namun mereka lebih sering ke game online yang melatih otak daripada fisik mereka.

    ReplyDelete
  10. jadi inget dulu tiap malam purnama pasti rame di halaman rumah,...

    ReplyDelete
  11. permainan favorit ane masa kecil itu kang

    ReplyDelete
  12. wah ditempat gw namanya apa ya ... udah lupa, padahal dulu maenan favorite neh :D

    ReplyDelete
  13. Selamat pagi gan, saya menawarkan kerja sama kepada agan.

    Ohh iya, FOLLOW blog saya gan, nanti di FOLLBACK deh oleh saya. Berikut link'nya =>> [ YUEZHA SOFTWARE ]

    Terimakasih, semoga agan berkenan FOLLOW saya :)

    ReplyDelete
  14. wah wong jowo to mas? apik tenan blog iki tentang budaya jawa..:) mantap mas..:)

    ReplyDelete
  15. Buset, boso jowoku membaik, nice intro>>>>
    Saya boleh ikutan main gak?

    ReplyDelete
  16. menarik,,,ra ono tunggale bloke...Unik...

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP