Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Wednesday, December 5, 2012

Iseng Wae

Virus malas bikin postingannya bener-bener sudah akut nih sob, jadi update blognya sebulan sekali, itupun hanya iseng iseng aja hehehe...

Huruf vokal dalam Bahasa Indonesia ada 5 kan ya sob, yaitu a, i, u , e, o. Tapi dalam pelafalannya sebenarnya ada 8 buah karena huruf e dilafalkan sebanyak 3 buah (e, é, è)dan huruf o ada 2 buah pelafalan (o dan ó).

Contoh kata yang menggunakan vokal e dan o dengan pelafalan yang berbeda :

e : Bencana, Benda
é : enak, lele
è : eksekusi, ejek
o : soto, radio
ó : orang, sekolah

Bahkan dalam bahasa sunda ada pelafalan huruf e satu lagi yang sering dituliskan dengan "eu", misalnya kadeudeuh, citeureup. Tapi kalau menurut saya pelafalannya lebih dekat ke "e" bukan (é, è) daripada ke "eu". karena "eu" dalam bahasa sunda pengucapannya adalah "e" dengan penekanan.

Kalau dalam aksara jawa, vokal e hanya dibedakan menjadi 2 yaitu pepet (e) dan taling (é, è) sedangkan untuk vokal "o" ada yang tetap menggunakan taling tarung (o) dan ada yang menggunakan "a" tetapi dibaca "ó" misalnya "apa dibaca ópó" atau "sala dibaca sóló".

Mungkin untuk memudahkan dalam penulisan karena dalam aksara latin hanya dikenal 5 vokal sedangkan Bahasa Indonesia dalam penulisannya menggunakan aksara latin. Mungkin karena bayaknya perbedaan pelafalan ini yang menjadi salah satu penyebab Bahasa Indonesia menjadi bahasa tersulit ke-3 di asia setelah jepang dan mandarin.

Di bahasa daerah temen-temen ada lagi nggak vokal yang tidak termasuk dalam 8 vokal diatas? Kalau ada share di kolom komentar ya sob hehehe... Thanks sudah berkunjung ke blog ini :)
.

64 comments:

  1. haha, bner bnget tuw. kalok aq, aq tinggal di daerah sasak lombok, e-nya juga ada dua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Achmed@ sama ya sob hehehe...
      Air@ Thanks sob kunjungannya :)

      Delete
  2. vokal dari sunda ya gan ?
    klo saya taunya cuman 5 sih hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vokal eu yang dari bahasa sunda sob hehehe...

      Delete
  3. weh pagi-pagi sudah dapet ilmu nih, makasih pak Guru hihi...

    ReplyDelete
  4. hum yang bahasa sunda saya gak ngerti e nya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus main ke jawa barat sob, biar tahu pengucapannya hehehe...

      Delete
  5. wah saya malah nggak pernah meratiin kata kata begitu mas... setelah baca - baca bener juga ya...

    ReplyDelete
  6. ini memang berkait erat dengan perubahan ejaan dalam bahasa Indonesia dulu. dari ejaan peninggalan Belanda kemudian diganti dengan ejaan EYD..masih ingat kala sekolah dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob heheh...
      Thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  7. saya asli sunda juga baru tau ada fokal kya gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu vokal dari bahasa Indonesia sob, kecuali yang eu yang dari bahasa sunda.

      Delete
  8. wah baru tahu kalau bahasa Indonesia itu termasuk bahasa tersulit ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wong Cilik, Mbak Ely@ saya juga tahu dari baca di internet sob hehehe...

      Delete
  9. hahaa iya gan makanya orang luar kalo bicara pake bahasa indonesia bingung pelafalannya karena tulisannya sama aja..:D

    ReplyDelete
  10. semacam penyelidikan bunyi huruf vokal, mantaaap ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma iseng2 aja kang hahaha...

      Delete
    2. belum nambah lagi nih iseng isengnya hoho

      Delete
  11. sama hurufnya tp beda bunyinya .heeee

    ReplyDelete
  12. postingan yg benar^ mantap sobat
    terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Pak, makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  13. Konsonannya yang berbeda yang Kang. Kaya Indonesia dengan berbagai macam konsonan karena dealek yang beragam dari setiap daerah dan dipersatukan dengan EYD.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  14. bahas huruf vokal ya sob, nyimak aja deh..

    ReplyDelete
  15. silaturahmi sob...

    tetap hadir meski jadi komentator urutan kesekian sob...
    mampir ke blogku lg yaa sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... gak papa sob. Thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  16. huehehe, bisa aja pembahasannya ..
    kalo gue orang Medan, pengucapan hurup vokal lantang dan tegas .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh sob, kalau orang medan baca e nya keras semua hehehe...

      Delete
  17. canggih! jadi inget mata kuliah phonology semasa di kampus hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, aku malah gak pernah belajar itu mbak hehehe...

      Delete
  18. kok sama mas...aku juga lagi kena virus malas bikin postingan...obatnya kira kira apa ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yo sik nggolek'i ki mbak hehehe...

      Delete
  19. sepertinya gak ada tuh sob! kalo untuk bahasa dayak maanyan lebih banyak e

    ReplyDelete
  20. nulis jowo puyeng maneh yo kang heheheh
    bangun kang udah siang, siap2 jumatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih puyeng lagi dengan bahasa Malang yang dibolak-balik.

      Kita yang terbiasa dengan kata-kata tertentu, walo tanpa memberikan tanda tertentu pada vokal yang ada pada sebuah kata, secara otomastis pengucapannya sudah mengikuti kaidah yang berlaku. Dan itulah keunikan kosa kata dan vokal dalam bahasa indonesia

      Delete
    2. Alkatro@ Iyo kang, pengen gawe postingan nganggo hanacaraka hahhaa...
      Pak Ies@ bahasa jawa malang soyo mumed'i pak hahaha...

      Delete
  21. Saleum,
    didaerahku juga terdapat huruf yang tersebut diatas dalam pengucapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih umum jadi ya sob hehehe... thanks kunjungannya :)

      Delete
  22. yg bukan org sunda kayak sy hny bs gigit jari aja deh.. *smile

    ReplyDelete
  23. kalau di Lubuklinggau E nya juga ada 2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak aksara jawa ya sob hehehe...

      Delete
  24. sering mendengar ada yang anak dalam pengucapan.. tapi belum pernah memperhatikan sedetail dirimu nih....

    ReplyDelete
  25. wedew ... iseng aja keren begini sob, apalagi seriuss .. udah jd prof bahasa neh :D

    ReplyDelete
  26. Ya bener, vokal di bahasa Jawa itu e dan o dibagi dua.

    Eh, headernya keren amattt... :)

    ReplyDelete
  27. waduh, padahal aku lg butuh bantuanmu sob, siapa tau kamu bs bantu aku..
    iseng maen ke blogku ya..
    :)
    kalo menurutku sih, bahasa sunda itu hampir mirip dgn bahasa inggris, byk aturan2 tertentunya

    ReplyDelete
  28. kalo tidak salah di daerah saya ada 3 juga deh. eh 2 ding. e sama è.

    ReplyDelete
  29. eeeee... setelah aku pikir2 keknya di daerahku ga ada lagi selain 5 itu, eh 6 deng sama e pepet :D

    ReplyDelete
  30. horeee ada yg ngingetin pelajaran bahasa jawa ttg pepet (e) dan taling (é)

    ReplyDelete
  31. kalau ud urusan bahasa gini agak sulit gan. e sama e' itu beda. hehehhe. nulisnya aja saya bingung, apalagi bacanya ya.. hehhee

    ReplyDelete
  32. kalau di pikir2 sii emang ada benernya kalau bhsa Indonesia tu sulit :(

    Indonesian Strong from Home

    ReplyDelete
  33. heheheh. ikut ikut atas ah, meramaikan lagi walau yang punya mungkin lagi sibuk. hehehe

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP