Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Wednesday, February 29, 2012

.Don't Say Insya Allah if ...

Sebalumnya saya minta maaf jika diantara sobat-sobat blogger dan saya berbeda pandangan, semua yang akan saya tuliskan disini adalah pendapat pribadi saya, jadi boleh dong kita saling berbeda pendapat asalkan kita saling menghargai pendapat orang lain :)

Pernahkan kita atau bahkan sering sekali mengucapkan kata "Insya Allah"? Apa sih artinya? saya juga kurang faham betul tetapi sepanjang yang saya ketahui, artinya sama seperti di http://id.wikipedia.org/wiki/Insya_allah yaitu "jika Allah mengijinkan". Selanjutnya jika ditanya lagi, kalau kita lagi malas melakukan sesuatu apakah karena Allah tidak mengijinkan? Jika kita sakit ringan dan seharusnya bisa melakukan sesuatu dan kita tidak melakukannya apakah juga karena Allah tidak mengijinkan? Kalau menurut saya bukan karena Allah yang tidak kengijinkan, tetapi karena kita tidak mau melakukannya.

Pernahkah sobat menghitung, jika kita mengatakan pada seseorang Insya Allah, berapa persen yang bisa kita tepati? Saya yakin jika kita jujur pada diri kita sendiri, lebih dari 50% dari kita yang mengucapkan Insya Allah tidak menepatinya. Bukankah jika kita mengucapkan Insya Allah kita sudah berjanji dengan mengatas namakan Allah? Dosakah jika kita tidak menepatinya karena hal-hal yang sepele yang menghalangi kita?

Jadi bagaimana? Kalau menurut saya mending jika kita akan melakukan sesuatu katakan saja "ya" atau "tidak" dan jangan berbasa-basi dengan mengatas namakan Allah. Misalnya "Ya, besok aku ketempatmu" atau "Maaf, besok saya tidak bisa datang". KECUALI jika kita memang sudah berkomitmen jika kita mengatakan Insya Allah berarti kita pasti datang kecuali memang benar-benar Allah mentakdirkannya kita tidak bisa datang.

Ini semua pendapat saya lho ya, karena saya memang jarang sekali mengucapkan Insya Allah jika ingin melakukan sesuatu pada orang lain sebab sering kali sifat malasku suka muncul mendadak hahaha.... Jika sobat-sobat punya pendapat yang berbeda saya persilakan komennya di form komentar ya :)
..

35 comments:

  1. mending gak ush bikin janji deh kalo msh ragu utk menepati.

    BTW, aku dah follow jg tuh, oya, gak ada tmpt link exchange ya sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sob, makasih folow dan komennya :)

      Delete
  2. Menurut saya, mungkin penerapannya saja yang salah, sudah jelas berniat untuk tidak datang tapi mengatakan "Insya Allah", padahal jika jelas-jelas kita tidak bisa 'menepati' sesuatu, jangan mengatakan Insya Allah. Pemakaian kata Insya Allah adalah jika kita mempunyai 'komitment' untuk menepati sesuatu tersebut.
    * sesuatu : Janji/Undangan bukan sesuatu-nya Syahrini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak, maksud saya juga begitu. jangan dengan mudah kita mengucapkan Insya Allah padahal kita hanya bermanis-manis saja :)

      Delete
  3. Menurut ana akan lebih bijak kalo judulnya diganti "Dont say InsyaAllah jika tidak bisa menepati"

    dan sebagai seorang muslim, malah dianjurkan untuk selalu mengatakan "InsyaAllah" ketika berucap janji

    kebetulan ana ada postingan yang mungkin berkaitan sob hehehe mampir yah kalo sempet http://kaitokidd.blogspot.com/2012/02/tuntunan-rasulullah-saw-tentang-sumpah.html

    semoga bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... thanks sob, judulnya sudah direvisi.
      Kalo janji memang wajib sob, tetapi kebanyakan hanya dijadikan alasan kita untuk tidak menepatinya.

      Delete
  4. Insya Allah harus kita ucapkan dengan syarat kita betul betul berniat untuk menepatinya....bukan sebaliknya, mungkin begitu sob, karena manusia hanya merencanakan, selebihnya Allah yang menentukan:}

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sobat, untuk janji yang memang kita niati untuk ditepati, harus kita mengucapkan Insya Allah

      Delete
  5. sama aja menurut saya pengertiannya... bener juga sih terkadang saya sering menggunakan kata itu, tapi dengan niat iya...

    tapi kebanyakan kalau sudah ngomong isya Allah orang sudah menduganya nggak bakal jadi hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang itu realita yang banyak terjadi di lingkungan kita sob :)

      Delete
  6. InsyaAllah itu kemungkinan utk dipenuhinya 99,99%...0,1 %'nya krn kondisi yg di lauar jangkauan kita

    ReplyDelete
  7. Inssyaalloh saya akan commnet di stat ini.
    Alhamdulilah Alloh telah mengijinkan saya untuk comment di post ini.
    Terkadang saya juga berfikir sama seperti yang ditulis diatas,tapi karena masih miskin ilmu jadi belum punya pendirian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa sob, malah nanti yang komen kan menambah pengetahuan kita hehe...

      Delete
  8. salah satu makna pengucapan Insya Allah agar kita ingat dan tahu diri bahwa kita adalah Hamba Allah dan segala sesuatunya berada dalam pengaturan ALLAH SWT, bukan karena keinginan kita semata..karena sesungguh-nya manusia adalah makhluk yang lemah tanpa memperoleh kekuatan dan anugrah dari ALLAH...termasuk dalam janji, berjanji dengan mengucapkan Insya Allah berarti berjanji atas nama Tuhan dan dalam hal ini ucapan Insya Allah adalah suatu doa dengan harapan akan yang kita janjikan bisa dikabulkan oleh Allah, kecuali bila yang mengucapkan-nya tidak punya niat untuk menepati janji dan hanya janjinya hanya hiasan bibir belaka serta tidak percaya dan tidak yakin akan kebesaran dan kekuasaan ALLAH SWT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sobat pencerahannya, saya dapat memahaminya :) Maksud dari postingan saya adalah kebanyakan di lingkungan sekitar kita Ucapan Insya Allah hanya dijadikan tameng untuk tidak menepatinya.
      Makasih sobat komentarnya, semoga Allah memberikan rizki yang melimpah, memberikan kesehatan dan menambah ilmu sobat sehingga bisa menularkan pada yang kurang mengerti seperti saya.

      Delete
  9. wadoh, berat nih postingan, tapi bener juga sob, banyak yang melapalkan nama Allah untuk berjanji, tapi gak tepat, memang sebaiknya jangan mudah mengatakan hal seperti itu kalo kurang yakin, apalagi mengumbar sumpah, bisa berabe nantinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... ya begitulah maksud postingan saya sob, Jangan ucapan Insya Allah hanya dijadikan tameng belaka.
      btw dah pulang neh sob :D

      Delete
  10. iya benr banged nih..baynyak yang meremehkan kata insya Allah nih..kenyataannya NOL.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. betul tuh sob, Thanks kunjungannya :)

      Delete
  11. ach aku suka mengatakan kata itu, karena aku tak tahu pasti apa kedepannya aku bisa menepati janji.

    tapii, yg namanya janji meski gak Insya Allah tetep harus ditepati, namanya juga hutang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. betul vit, janji adalah hutang :)

      Delete
  12. kunjungan siang sob,,
    ada bingkisan kecil untuk sobat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sob, sudah diambil awardnya dan disimpan dulu ya hehe...

      Delete
  13. mending mengetahui dulu jadwal dari pada sudah berjanji tapi tak ditepati,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setuju sob, thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  14. kalau pengen bilang... iya... ya "iya"...
    kalau pengen bilang enggak, ya "enggak"..
    yang penting, enggak "iya, yang enggak enggak".. :D
    kalau masih ragu, ya mending, lebih baik "insya Allah",, hehe,,,,

    menurutku...

    tapi kalau di dunia militer, engga ada yang namanya, "insya Allah." setauku.. :D

    ReplyDelete
  15. setuju
    menarik sekali sob
    salam sukses selalu

    ReplyDelete
  16. Oh ya Sob, kasih tahu dong biar Ads Google di appr gimana ya? Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting blognya selalu di update sob, ajuin terus setiap bulan, nanti juga di approve sob :)

      Delete
  17. Jadi harus hati2 bilang insya Alloh, nih...

    Kalo saya males kayanya sih biasanya cuma bilang, "Mmm, gak tahu, ya, liat ntar bisa ato ga."

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP