Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Wednesday, March 21, 2012

Keju

Keju (dipinjam dari bahasa Portugis, queijo) adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal. (Sumber Wikipedia)

Postingan saya kali ini masih dalam serial cerita lucu hahahhaa......(latihan ketawa dulu sebelum cerita). Pernah saya ditugaskan oleh "kompeni" tempat saya bekerja ke daerah Solo, Jawa Tengah. Lumayan lama sih saya tinggal di Solo sekitar 1,5 tahunan.

Sekitar 1 tahun saya tinggal di Solo, bulek say (saudara dari bapak) berkunjung ke tempatku. Walaupun aslinya orang Jawa Timur, tetapi sejak kecil bulek sudah tinggal di Palembang, Sumsel. Jadi bahasa jawanya ya sudah kecampur-campur dengan bahasa palembang sana hehe... Bulek ke solo dalam rangka menjenguk anaknya yang sedang kuliah di UMS solo.

Pagi-pagi bulek sudah ngajakin ke pasar buat beli sayuran dan bahan-bahan untuk bikin kue. Sesampainya di pasar bulek langsung menuju tempat sayuran untuk belanja sementara saya dengan setia mengintili (mengikuti) dari belakang untuk dijadikan korban angkat-angkat barang hahaha..... Setelah selesai beli sayuran bulek mengajakku mencari bahan-bahan untuk membuat kue. Setelah beberapa saat berkeliling akhirnya kami berhenti didepan nenek-nenek yang sedang berjualan lesehan. Dagangannya disusun didepanya sehingga memudahkan pembeli untuk memilih.

Kulihat bulek sedang memperhatikan barang didepannya, mungkin ada yang mau dibelinya. Bulek lalu bertanya pada nenek yang jualan.
"Nek, keju itu harganya berapa?"
Nenek itu kelihatan bingung sambil mencari-cari apa yang ditanyakan bulek.
"Keju apa lho mbak? Nenek gak jualan keju kok." jawab nenek sambil menyusun dagangannya.
"Yang ini lho nek, keju ini bisa untuk bikin kue gak nek?" Bulek bertanya lagi sambil mengambil bungkusan di dagangan nenek dan membaca tulisan di label bungkusan tadi dengan logat batak "KEJU KEMENG".

Sontak nenek tadi tertawa terkekeh-kekeh khas nenek-nenek.
"Heh..heh..heh... Mbakyu-mbakyu, itu bukan KEJU, tapi JAMU KEJU KEMENG. Bahasa jawa yang artinya jamu untuk obat capek-capek heh..heh..heh..." Nenek itu masih saja tertawa terkekeh-kekeh walaupun giginya sudah ompong semua.
Muka bulek langsung kelihatan memerah karena merasa malu, lalu tampa pamitan bulek narik tanganku nyelonong saja ngajak pulang hahaha.....
Dalam hati, aku saja yang sudah setahun di solo belum tahu ada jamu keju kemeng, apalagi bulek hehehe.... Wah gagal deh mau dibikinin kue sama bulek.

NB :
Orang jawa suka bilang "Awakku KEJU kabeh" atau "Awakku KEMENG-KEMENG" yang artinya kurang lebih "Badan saya capek sekali".

94 comments:

  1. satu kata bisa diartikan bebagai macam, wkakwkakkwka

    ReplyDelete
  2. wew, ternyata disana artinya beda ya, hihihi, oh keju ... kau membuat ku malu, gitu dong kata si tante, btw, kl di foto tuh nenek lg ketawa, keren kali ya sob :^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw.... pas mau ane foto tuh nenek2nya langsung berhenti ketawanya sob :D)))

      Delete
  3. kalo di tempatku itu kemeng bukan keju...
    setuju ma bang mon... Kalo di foto keren sob!

    Sob. Ente apa punya lebih dari 1 blog?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi... kalo di solo keju sama kemeng artinya hampir sama sob hehehe...

      Blog ane yang satunya jarang2 di update sob :)

      Delete
  4. wah ane ga paham gan, jadi ga bisa ketawa ngekek. soalnya belum pernah liat barangnya yang keju kemeng, heheh. nice.
    emang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sob, kalo pas ke solo cari deh, pasti ada tuh :D

      Delete
  5. wah perbedaan maksud ternyata. hahaha.

    ReplyDelete
  6. nggak teliti sih sob wkwkwk... nggak dapet kue kan uang anter ada donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma baca tulisannya sob, keju kemeng wkwkkw...

      Delete
  7. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha . . ha. . emank bentuk nya sama dengan keju ta?!? kq bisa disangka keju. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk yang dibaca kan tulisannya...
      "keju Kemeng",.. wkwkwkw :D

      Delete
    2. Vpie@ betul kata sobat srulz, dari baca tulisannya di kira keju buat bikin kue wkwkwkwk...

      Delete
  8. hihi...
    kemasannya kan beda atuh bulek, lagian kalau keju kan di lemari pendingin, masak di lesehan gitu :D
    yg suruh angkat2 barang juga diem aja, gak coba melihatnya gitu...lalu menjelaskan ke bulek...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain kayak keju kraft gitu mbak, jadi waktu baca tulisannya keju kemeng main mbat aja :D

      Delete
  9. Kueijo? Bhahaha, keju kemeng, kemeng keju? Tapi jamunya itu dibuat campuran kue bisa juga lo sob! Bhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk... kuenya ntar pait semua sob :D

      Delete
  10. coba kalo bulek jadi beli n bikin kue, pasti namanya jadi kue kemeng hahahaha..

    ReplyDelete
  11. Sepintas ane kira juga jamu yang terbuat dari keju sob. Namanya aja jamu keju kemeng. Kalau sikilku keju atau sikilku kemeng tahu sob. Lah ini jamu keju kemeng. Pasti yang buat merk itu nenek yang jualan sob he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sob, ternyata emang banyak di solo sob :D

      Delete
  12. Nah itu dia, aku kira tadi KEJU nya dalam bahasa jawa yang berarti capek hehehee ternyata keju makanan :D

    ReplyDelete
  13. wkwkwk...
    salah paham memang bikin kita keki ya sob:}

    ReplyDelete
  14. Nice artikel Teman, gagal dah bikin kuenya.
    Oh ya, sepertinya cara penyebutan Keju Kemang dengan Keju di jawa berbeda ya Teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo yebut "E" nya beda, artinya juga beda sob hehehe...

      Delete
  15. siang sob....lucu ceritanya ane juga baru tau ada keju lain selain keju

    ReplyDelete
  16. untung di tempat saya kalo pegel2 gak dibilang keju, jadi gak ada jamu keju kemeng, adanya jamu pegel linu. gak bakal salah2 sebut deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kalo pegel itu tempatku artinya benci ki ndah :D
      dadi piye nu :)

      Delete
  17. jadi ingaat pelajaran bahasa indonesia jaman SD, tulisannya sama, bacanya yg bedaa :D

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. hati2 kalau cara bacanya "KEJU" -nya salah ... bisa gawat hahaha !!! :D

      Delete
    2. Muhammad Hidayat@ apanya sob yang mantab xixii...
      mb' Marchia@Betul tuh mbak hahhaha... bisa salah arti :D

      Delete
  19. memang ya setiap daerah itu punya bahasa atau kata-kata yang saam dengan arti yang lain

    ReplyDelete
  20. awaku keju kabeh...abis ketawa-tawa pingkal...^__^

    ReplyDelete
  21. wkwkwkw....awakku keju kemeng...lha bar ngopo to yo...? hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAhahhahaa.... mari macol ndok sawah ya'e mbak :D

      Delete
  22. Replies
    1. NGGATELI opo NGGATE'LI cha?? seje lho artine hahhaha....

      Delete
  23. Hahaha... Sobat yang satu ini memang lucu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixii... itu cerita nyata lho sob :D

      Delete
  24. KEJU yang dibaca keju bukan dibaca kéju, di Tegal kalo nggak salah artinya malah Takut lho sob. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... di tegal beda lagi ya sob artinya :D

      Delete
  25. Awakku cheese cheese ki ahahaha~
    Emang kalau pake logat batak keju kemeng artinya apah? @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya Cheese mereknya kemeng mbak hahahhaa...

      Delete
  26. hahaha, , ,lutuna . . Pesen keju satu mbah . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw.... kejunya tnggal 1/2 dek :p

      Delete
  27. hahay,..emang ada bang,..jamu bahasa jawa,.. hehey,.. keju= pegel hehey,.. beli kue sendiri ja biar g ngiler bang,.. hohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... dah terlanjur ngiler han :D

      Delete
  28. … tak tanyain maem
    roti pake meses dan
    keju...dia
    ngangguk2...siiippppp. …

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkwk.....
      siapa yang ditanyain sob ?

      Delete
  29. awakku keju kabeh gara2 tibo kepleset keju. wkwkwk..

    nice post uy :D

    ReplyDelete
  30. Keju makanan kesukaan ane tuh sobat,,,,,,,

    Falah Mulyana berkunjung di blog sobat untuk silaturahmi
    nice share sobat and Happy Blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga suka sob, apa lagi dimakan ma roti heheh....

      Delete
  31. Absen siang, sob! Keju terus menunya? Ganti brownies kek! Hehehe

    ReplyDelete
  32. sobat kena malu minta ampun gara-gara salah kapra hehehehehehehehehehe...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang malu bulekku sob, aku sih biasa aja hahaha....

      Delete
  33. Seharusnya, sebelum meninggalkan pasar, Bulek-nya diajak mampir ke toko Koko Chong di jalan Sudirman, yang biasa jualan puder dan mentega untuk bahan pembuat roti. Sehingga dengan demikian "keju" pun jadi dibeli dan kue bisa tersaji di malam hari...
    Okay.. salam sahabat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi... pernah di solo juga ya sob :)

      Delete
  34. saya minta ijin follow juga ya hehehe

    ReplyDelete
  35. jiahahaha ...
    salah paham ye .. maklum bukan asli bahasa persatuan Indonesia sih bang .. tapi bahasa serapan*komengaknyambung

    ReplyDelete
  36. aku juga baru tau niy..... eh tapi pengucapannya kaan beda. oiya ya, kaan itu tulisan, jadi gak tau kan yach. hahahahaha...... bulek-bulek.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya vit, bulek kan cuma baca tulisannya hahahha...

      Delete
  37. Pasti lebih lucu lagi liat nenek2 ketawa.

    #ngakaks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, apalagi giginya dah pada ompong :D

      Delete
  38. keju..keju... ati" jangan diplesetin masbro :D

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP