Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Monday, April 2, 2012

oi

oiii... kadieu' guera'.
Aya naon kang??
Ta, keur aya' konser Iwan Fals di blogna Anak Rantau, buruan atuwh ka dinya' :D


oi, pernah dengar kata itu? Ya, oi adalah sebutan dari Yayasan Orang Indonesia yang didirikan oleh para penggemar fanatik Iwan Fals pada tahun 1999. Yayasan oi ini sudah tersebar diseluruh Nusantara bahkan ke manca negara yang tujuannya adalah untuk mewadahi aktivitas para penggemar iwan fals.

Iwan Fals adalah salah satu musisi favoritku selain karena lagu-lagunya yang saya sangat sukai juga liriknya yang sangat berani menyuarakan tangisan dari kalangan bawah. Tidak banyak Musisi di Indonesia yang sangat berani seperti halnya Iwan Fals yang walaupun lagu maupun konsernya sering dicekal terutama saat orde baru tetapi Iwan Fals pantang mundur dan tetap berkarya dengan menyampaikan kritikan-kritikan sosial dan pemerintahan sampai sekarang.

Iwan Fals yang mempunyai nama lengkap Virgiawan Listanto ini lahir di Jakarta 3 September 1961 dan ayahhanda Iwan Fals adalah seorang Kolonel Anumerta, Iwan Fals merupakan lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Banyak lagu-lagu Iwan Fals yang dicekal pada jaman Orba dengan alasan klasik "Dapat memacing kerusuhan dan mengganggu stabilitas" diantaranya Pulanglah, Demokrasi Nasi, Kisah Sapi Malam dan masih banyak lagi lainnya.

Mari kita lihat kutipan lirik lagu-lagu Iwan Fals yang banyak sekali berisi kritik sosial dan kritik kepada Penguasa.

1. Pulanglah
............................
Satu hilang seribu terbilang
Patah tumbuh hilang berganti
Terimalah sekedar kembang
Dan doa doa

Suci sejati
Suci sejati

................

Lagu pulanglah memang tidak dikomersilkan dan biasanya hanya ditampilkan secara live oleh Iwan Fals dalam kosernya. Lagu ini dededikasikan khusus untuk Munir yang kasusnya sampai sekarang belum menemui titik terang.

2. Surat Buat Wakil Rakyat

.........................
Untukmu yang duduk sambil diskusi
Untukmu yang biasa bersafari
Di sana, di gedung DPR
Di hati dan lidahmu kami berharap
Suara kami tolong dengar lalu sampaikan
Jangan ragu jangan takut karang menghadang
Bicaralah yang lantang jangan hanya diam


Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu "setuju......"

............................

Lagu yang menggambarkan wakil rakyat yang tidur saat sidang di gedung DPR, lagu ini juga sempat dicekal karena dianggap mengganggu stabilitas politik hehehhe.... Sungguh aneh, padahal memang demikian keadaannya.

3. Demokrasi Nasi

..................
Anak seorang menteri
Membuat onar lagi
Menembak sampai mati
Kok nggak ada sangsi

Tentu tak sesuai dengan undang-undang
Di negeri ini yang katanya demokrasi

Lain lagi dengan orang biasa
Bila mereka curiga
Langsung masuk penjara
Tanpa bukti nyata

Mengapa?
Mengapa?

Undang-undang tampaknya sakit perut
Tuan tolong panggilkan dokter ahli
Untuk Indonesia yang sisa hidupnya
Mungkin terkena wabah kolera

...................................

Gara-gara menyanyikan lagu Demokrasi Nasi Iwan Fals pernah ditahan selama 2 minggu. Wah bener-bener sangat berat menyuarakan suara rakyat walau hanya lewat lagu.

4. Pak Tua

..............
Kamu yang sudah tua apa kabarmu?
Katanya baru sembuh katanya sakit
Jantung ginjal dan encok sedikit saraf
Hati hati pak tua istirahatlah

Diluar banyak angin

Kamu yang murah senyum memegang perut
Badanmu semakin tambun memandang langit
Hari menjelang maghrib pak tua ngantuk
Istri manis menunggu istirahatlah

Diluar banyak angin

Pak tua sudahlah
Engkau sudah terlihat lelah oh ya
Pak tua sudahlah
Kami mampu untuk bekerja oh ya

Pak tua oh oh oh

Tidur pak?

...................

Lagu Pak Tua juga sempat di cekal karena dianggap menyinggung penguasa orde baru yang tak pernah mau pensiun (Xixiix... itu mah betul atuwh pak :D)

5. Sarjana Muda

.....................
Engkau sarjana muda
Resah mencari kerja
Tak berguna ijasahmu
Empat tahun lamanya
Bergelut dengan buku

Sia-sia semuanya
Setengah putus asa dia berucap
"maaf ibu..."

......................

Lagu "kebangsaan" sarjana pengangguran, Lagu profesional pertama Iwan Fals ini yang tenar tahun 80 an menggambarkan susahnya mencari kerja padalah izasah sarjana sudah dikantongi.

Dan masih banyak lagi lagu-lagu Iwan Fals yang sarat protes pada penguasa dengan segala konsekwensinya. Kita harus berbangga mempunyai musisi hebat seperti Iwan Fals ini. Sebagai Penghargaan terhadap Iwan Fals, diterbitkannya sebuah buku "100 tokoh yang mengubah Indonesia" yang disusun oleh Floriberta Aning S. Penerbit NARASI Yogyakarta dan dan Nama Iwan Fals pun berada didalamnya.

Sekian postingan saya kali ini, seri musisi favorit Anak Rantau, semoga bermanfaat :)
.....

63 comments:

  1. Paling fave, dengerinnya... "Surat Buat Wakil Rakyat" dan juga yang judulnya "Ibu..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka semua lagunya Bang Iwan sob :D

      Delete
  2. Betul Betul Betul ^^
    Paling kena yang "Surat Buat Wakil Rakyat", tapi semuanya juga kena......

    #Semoga dapat di dengar oleh pemerintah

    ReplyDelete
  3. Saya juga sukaaaaa Iwan Fals. :D Oi.. :D

    Lagu favorit saya yang Ujung Aspal Pondok Gede, soalnya suka main harmonikanya :D
    terus yang Bung Hatta, Pesawat Tempur, Senandung Istri Bromocorah juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu itu mah, aku juga suka semua lagu iti yu hahahha...

      Delete
  4. lagunya dulu keren keren, tapi sayang sekarang sudah tidak sekeren dulu. ud payah.. kaya macan ompong, ngikuting perkembangan tapi malah jadi terombang ambing dianya. padahal dulu lagunya garang abis dah. TOP

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya setuju sama ini anak kost. b^_^d

      Delete
    2. Sejak galang meninggal Bang iwan memang tidak segarang dulu, lagian juga sekarang sudah tua sih. Jadi harusnya sadah ada generasi penerusnya, sayangnya belum ada yang seberani Iwan Fals.

      Delete
  5. saya suka ni lagunya bang, mantap abis.

    ReplyDelete
  6. Kalau favoritku adalah "Ijinkan Aku Menyayangimu" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahahaha. Itu sih lagu jaman sekarang. :D Yang dulu-dulu sih masih top.

      Delete
    2. Iya, setuju ma ayu, banyak lagu cinta yang sekarang mah :)

      Delete
  7. baru tahu nama aslinya?^^ suka ama lagu Surat Buat Wakil Rakyat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sangat kritis tuh lagunya sob :)

      Delete
  8. Iwan Fals is my favorit artist! lagu2 yg enak didengar dg lirik2 yang mudah dihafal'in disertai kritikan pedas yg bikin yg kena kritik gak bisa tidur! I Like Iwan Fals.
    gimana agar gue juga bisa masuk oi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sob, bikin yang kena kritik sakit gigi dan gak enak makan hahahha...

      Delete
  9. Yang Umar Bakri oke pisan. Apalagi nuansanya country. Gitarnya mantep. Sama Pesawat Tempur juga oke. Mata Indah Bola Pingpong juga asik. *lah, napa malah nyebutin lagunya*

    Yang Sarjana Muda tu makjleb buat para pengangguran. Bikin sensi.

    ReplyDelete
  10. baru tahu kalau OI itu didirikan oleh fans nya Iwan Fals, apa kabarnya ya sekarang IF koq sudah ngga bikin lagu lagi, padahal politik saat ini banyak sekali yang perlu dikritisi (lagi) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi nunggu generasi mudanya muncul kali sob hehehe...

      Delete
  11. huhuhu, lagu "sarjana Muda" bikin gw miris sekaligus jadi baan ceengan gw sob, soalnya penganguran istiqomah gw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk... pengangguran istikomah, bisa aje loe sob :D

      Delete
  12. asyiiiikk...
    dpt menikmati konser gratisan
    hehehe...

    btw aq suka lagu2nya Iwan Fals

    ReplyDelete
  13. abi oge resep ka Iwan Fals-mah. Ngefans pisan ti zaman ABG nepikakiwari ,,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sob hehehe... wlujeung ngeblog ugi :)

      Delete
  14. iwan fals memang top abis ya...aku juga suka lagu-lagunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi... kalo zidane suka nggak mbak ?

      Delete
  15. fals mania yah>???

    ketemu nih.. slam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi... iya neh sob, sesama Fals mania :D

      Delete
  16. Iwan fals.. memang top abis... namun sayang sekarang..kurang garang seperti dulu.. mungkin faktor umur kali ya... oh, ya ralat om..kalau tidak salah lagu pak tua itu yang nyanyi adalah band elpamas... yang digawangi oleh Toto Tewel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, karena udah tua, harusnya emang sudah ada yang ganti hehehe..

      Betul sob, "pak tua" lagunya Elpamas, tapi yang ciptain lagunya Iwan Fals dengan nama samaran Pitat Haeng dan dalam konsernya Bang Iwan juga suka nyanyiin lagu Pak Tua.

      Delete
    2. ooo begitu ya dab... wah dalem betul pengetahuan tenang VL nih.. mantaps...

      Delete
  17. yg ane suka cuma lagu bongkar aja bang, salam kenal yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka semua sob hahahha...

      Oke, lam kenal kembali :)

      Delete
  18. jamannya om iwan fals masih garang,eike msh unyu2, hehehe
    taunya pling yg Oemar bakri, surat buat wakil rakyat, sama Ibu ...

    bdw, ada ya pengangguran istiqamah, ngelirik stumon yg g bs sy liaat blog na, hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dilirik gak ngerasa unn hahaha...
      mending liriknya lagu Iwan Fals aja :D

      Delete
  19. wah fans saya juga neh... suka lagunya semuanya enak di dengar...

    ReplyDelete
  20. oi juga, lumayan ada beberapa keping di rumah : warisan kakak ane :D

    bbm naik tinggi susu tak terbeli
    orang pintar tarik subsidi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... judulnya Galang Rambu Anarki ya sob :D

      Delete
  21. Iwan fals itu lagunya berani banget. Nyentil pemerintah biasanya, pokoknya yahud dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul wury, gak banyak musisi yang seberani Iwan Fals :)

      Delete
  22. iwan flas juga salah satu artis favorit aku :D

    ReplyDelete
  23. saya g tau lagunya iwan fals,..:( g begitu kenal,..huhuw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren2 lho lagunya hany hehehe...

      Delete
  24. bento..bento..bento...
    hahag paling suka aku bagian yang itu :D

    ReplyDelete
  25. aku sukanya ijinkan aku menyayangimu...bento @anak muda banget ^^

    ReplyDelete
  26. Saya suka yang sealalu diputer ama temen saya Mas, mp3nyaaaa Iwan fals thok... yang itu loh...

    Si Budi kecil kuyup menggigil
    menahan dingin tanpa jas hujan
    surat kabar sore dijual malam
    naa na na na na, na na na, na na (mbuh)

    Anak sekecil itu berkelahi dengan waktu
    untuk suatu impian....... (mbuh)
    pokoknya itu... haha :D
    Jadi ikut apal dan senang. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... karena sering denger, lama2 hafal sendiri ya sob :D

      Delete
  27. Aku ra ngerti lagune kabeh,
    kalo Bongkar tuh lagu dia bukan sih @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu2nya keren abis un wkwkwkw..

      Iya, bongkar lagunya Bang Iwan :)

      Delete
  28. . . tak kirain itu manggil sapa gitu. he..86x. ternyata . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang manggil kamu pie, biar datang kemari hahhaha...

      Delete
  29. 1 kata, gak suka. soalnya aku taunya iwan fals dari bapakku, jadi aku menganggap, dia lagunya orang-orang tua. hehehehehe *peace*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu perjuangan rakyat tuh vit hahahha....

      Delete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP