Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Tuesday, May 22, 2012

Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika, semboyan Bangsa Indonesia yang tulisannya dicengkeram erat oleh Burung Garuda. Ya, berbeda-beda tetapi tetep satu juga. Banyak sekali perbedaan dinegara kita dari perbedaan suku, agama, ras, bahasa, adat istiadat, bahkan perbedaan antargolongan.

Banyaknya perbedaan di Nusantara ini sudah disadari sejak jaman Kerajaan Majapahit dimana kalimat Bhinneka Tunggal Ika dikutip dari Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular. Sudah sejak jaman dahulu toleransi antar perbedaan sudah mendarah daging dalam setiap jiwa penduduk Nusantara. Begitu beragamnya Bangsa Indonesia bukan menjadi alasan untuk terjadinya perpecahan tetapi malah semakin menjadikan bangsa kita kaya akan segala budaya adat-istiadat, bahasa dan lainnya dan menjadikan kita bersatu menghadapi semua rintangan untuk Indonesia yang lebih maju.

Tetapi...., semangat Bhinneka Tunggal Ika sekarang ini sudah mulai luntur dimana para pelajar, mahasiswa, antar warga saling tawuran hanya gara-gara hal yang sepele. Ya, hal yang sepele dibandingkan perjuangan pendahulu-pendahulu kita dalam memperjuangkan kebhinnekaan agar tetap bersatu menjadi Bangsa yang utuh dan disegani dari seluruh penjuru dunia.

Kita semua sebagai warga negara Indonesia harus segera instropeksi diri, harus segera menyadari, dibalik banyaknya perbedaan diantara kita, tersimpan kekuatan yang sangat besar, yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita yang bisa mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia.

Merdeka.....

Wah..wah... berapi-api banget nih ceritanya hehehe....

Cerita Bhinneka Tungggal Ika jadi ingat sobat blogger kita yang bisa mempersatukan berbagai bahasa dalam dirinya hehehe.... Ada bahasa jawa bagian tengah dan timur, bahasa jawa bagian barat (ngapak), bahasa sunda, bahasa makasar, bahasa batak dan beberapa bahasa lainnya, hebat kan sob hehehe.... ingin tahu siapa dia?? Ya, dialah Eksak sang pemilik blog Kendal Extrem Spiritual Student Ecosystem yang sudah berbaik hati memberikan saya PR buat dikerjakan. Tapi berhubung saya emang murid paling "rajin", jadi ngerjainnya paling terakhir sambil nyari contekan dulu dari sobat-sobat lainnya yang juga ketiban rejeki ini hehehehe....

Tapi saya belum pernah baca sobat Eksak menulis atau komentar menggunakan bahasa yang masih saudara kembar tidak identik dengan bahasa Indonesia yaitu bahasanya Wong Kito Galo (baso plembang) hehhee...., dan... pada kesempatan ngejawab PR ini saya akan menggunakan Baso Plembang biar sobat Eksak juga ketiban PR untuk belajar Baso Plembang bhahahha.....

Oke ini dio pertanyaannyo :

1. ASL pliss...! (Age, Sex, Location) Gue 18, Male, Kendal! Elo?
Dari jingok jawaban kawan2 lainnyo, caknyo galo2 idak setuju kalo Eksak umurnyo 18 tahun hahhaa... Jadi jawabanku 17, Lanang, Antah Berantah xixixii.... (Nak pecayo boleh, idak jugo dak papo Hahahha....)

2. Ibaratin hidup ini kayak sesuatu versi elo dan jelasin perumpamaannya! [misal, hidup tuh kaya roda muter karna...bla... Bla...bla...]
Nyontek sobat Uzay ^,^ Gingsul, Idop itu pecak lilin, Idopnyo untuk nerangi sekitarnyo, idak ngorbanke awak dewek si sebenarnyo, cumo memang umur manusio kan selalu berkurang sampek di ujong idopnyo hehehe....

3. Elo tau gak ±5000 kali jantung berdetak dalam sejam? Menurut angka itu, coba elo itung berapa kali jantung berdetak pas umur elo nginjek 60 tahun!
Belum pernah baco, caknyo tambah gancang be yo hehehe... yang betul apo dio kang?? hahhaha....

4. Apakah elo termasuk orang jujur dan bisa dipercaya?
Saro nak jawabnyo kang, nak tergantung sikon nian, biasonyo kalo idak jujur yo becando be lah, idak somo lho kang becando samo ngotak'i.

5. Masih jadi TT di berbagai media. Setuju gak elo ama konser Lady Gaga di Indonesia? Kenapa?
Idak setuju, ngapo nak jingok lady gaga nian, wong kito be banyak yang lebih bagus dari dio. Belum lagi kagek efeknyo biso bikin bebala wong kito dewek (yang pro samo yang kontra)

6. Banyak blogger ngangkat tema ini di post mereka. Tentang evolusi manusia dan konsepsi Islam. Ada yang nanya di mana letak Nabi Adam dalam teori Darwin? Gimana menurut elo?
Teori evolusi menurutku bener jugo yo, memang ado perubahan bentuk fisik mahluk idop dari maso ke maso, apo lagi kalu sampek jutaan tahun. Tapi yang pasti aku idak setuju kalo manusio awalnyo dari monyet. Nabi Adam adalah manusio pertamo yang diciptake Allah SWT.

7. Ada juga pendapat, jangan mencampur adukkan science ama agama. Karna keduanya harus jadi bipolar yang gak bisa bersatu. Gimana pendapat elo?
Idak setuju, kalu menurutku Agama samo Ilmu pengetahuan sejalan, penemuan-penemuan modern pacak dijelaske oleh agama samo mbuktike kebenaran Firman Allah SWT.

8. Kayaknya ini termasuk fenomena. Gugling. Gue, elo, gugling! Cari hukum agama, referensi, ilmu pengetahuan, belajar, ngaji, semua bisa pake gugel. Setuju gak lo? Kenapa?
Idak setuju, kalu nak belajar ilmu agama atau ilmu apo bae bagusnyo nak ke wong yang menguasoi ilmunyo nian. Paling idak yo ado tatap muko antaranyo guru samo murid yang nak dijarinyo. Kalu nak galo-galo tanyo samo uwak google, iyo kalu sumbernyo pacak dipecayo, kalu sumbernyo wong nak nyari balak be, pacak saro dewek kito galo hehehe...

9. Hwoaaaamm... Pusing ama pertanyaan di atas? Ganti topik ringan dulu, ya... Pernah ngerebus telor? Pengalaman gue satu telor bisa mateng dalam 6,5 menit. Coba berapa waktu yang elo butuhin buat ngerebus 1 kg telor?
Idak pernah ngetong kang, tapi pastinyo lebih lamo daripado sikok telok, iyo kan hehehe....

10. Tolong dong, tulisin lirik lagu yang paling elo benci!
Selamo ini belum pernah denger lagu yang jahat2 kang, jadi dak pacak jawabnyo hahaha....

11. Belajar akting, ya! Coba deh maki-maki gue, gara-gara gue ngejiplak tulisan elo tanpa ijin!
Bhahahah..... idak biaso ngato-ngatoi uwong mang, apolagi di blog, kagek amun aku ngato2i wong, belari galo yang nak bekunjung ke blogku.

12. Daripada elo gue minta buat kasih nilai lapak gue dan elo cuma bisa liat baeknya aja, mending elo kasih saran dan kritik buat lapak gue ini!
Idak katek mang, prinsip aku "Pria Punyo Selera" hahahaha..... Tiap uwong seleranyo idak samo, uji kito lah cindo, uji uwong pacak jadi jahat bahahah..... REBES.....

Wahahhaha... selesai juga nyelesain PR nya, ini ceritanya balas dendam PR yang ngasih PR dikasih PR suruh belajar baso plembang hehehe....

Udah ya sob, saya mau beresin kerjaan dulu, met berkarya untuk sobat2 blogger semuanya, semoga kita semua selalu dianugrahi kesehatan oleh Allah SWT. Amin...
Untuk sobat Eksak, selamat belajar yoo... bhahaha.......

96 comments:

  1. Aish dah, pacak ngomong Plembang rupanyo budak sikok ni..

    Dak cayo nian aku jawaban nomor sikok tu. Kato orang Jawa "ngapusiii" :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ai dah, tino sikok ni.. nak melok2 pulok hahahha...

      Delete
    2. naaahhh...wong palembang ee, lihai galo caknyo
      :D

      Delete
    3. Jadi wong kito galo neh octa hahahahaa...

      Delete
  2. haduh haduh, njelimet nih mata gara-gara mbaca bahasa spanyol yang nggak bisa gue pahami, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... nanti tanya sama kang eksak aja cha :)

      Delete
  3. Waduuuh kalau lo lagi bikin postingan beberapa bahasa gw suka pegel nih bacanya sob mulut gw kurang fleksibel kayaknya #STOP ini lebay...

    Perbedaan yak, kata orang bijak perbedaan itu rahmat.. dan semua yang ada di dunia ini memang memiliki dua sisi yang berbeda tapi selalu ada yang mengapit diantaranya makanya bisa tetap seimbang... nah memang benar rasanya makin kesini perbedaan itu dirasa semakin senggang. entah apa faktornya mungkin karena ego masing-masing yang lebih di tonjolkan..

    ngga kok lo bukan yang terakhir selama gw juga belom ngerjain 8tiba-tiba di tempeleng eksak

    kapan-kapan gw contek juga dah jawaban lo #eh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sob, saya juga lagi belajar xixixi...

      Betul sob, selalu ego yang diutamakan bukanya saling menghormati akan hak dan kewajiban masing-masing.

      Kirain aku yang terakhir sob bahahaha...

      Delete
    2. tenang kau bukan yang terakhir hahaha

      Delete
  4. aduh, bang banyak gak ngerti bahasa daerahnya..artinya apaan T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar mo dijelasin sama kang eksak sob :D

      Delete
  5. hehe, ternyata budhi ini pandai berbahasa palembang ya.....:)

    ReplyDelete
  6. Intro postingannyo seraso ado di kelas PKN jaman es-em-pe :)

    ReplyDelete
  7. sepakat dengan mba Syam... kirain mau mengulas pelajaran PKN nih, hehehe...

    ternyata ngerjain PR toh, tapi bahasanya itu lho... harus kursus dulu akunya mas Budhi.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mbak, PR nya dari kang Eksak hehehe...

      Delete
  8. Cindo nian aku ni... ya kan Mas Budhy? :p
    Wis komen ra nyambung rapopo yoh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo un, cindow nian pecak sitti nurhaliza ahahaha...

      Gak popo wes, iki yo nunggu kang eksak njedul sek :D

      Delete
  9. wuihhhh aku takut ngasih koment ntar nda nyambung,,,meres otak buat cerna bahasana^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak Uty, saya nulisnya juga meres otak hehehe...

      Delete
  10. permisi ngikut komen pake bahasa daerah hehehe :
    ADA HAMPE KAJUT NGULAH MAHANANG ULU AMUN KAHABA SUAL MASAM SA SIRI, AYAK NGUUT KUPI NELANG NGUDUT, HIMAT MARAUH

    ayoo... bahasa dari bagian pedalaman borneo ini ada yg bisa translate gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar sob, ane mo tanya sama sobat Eksak dulu hahahaha.....

      Delete
  11. ternyata orang palembang... mengerjakan PR juga nih ternyata... tapi aku ga ngerti bahasanya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyimak aja sob, aku juga lagi belajar xixixi...

      Delete
  12. Rancak banaaaa.. Berasa abis makan rendang jadinyo :p

    Coba pertanyaan2nya dijawab pake bahasa melayu pontianak bisa gak kira2 :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi..... iyo mbak cindo nian pertanyaanyo, jawabannyo saro nian hahaha....

      Delete
  13. Salut Sama ente sob, bisa kritis banget. keren deh... 2jempol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... jadi malu neh, thanks sob :)

      Delete
  14. hihihi, bener bener bhineka tungkal ika nih sob, baik di postingan, maupun di komentar, kereeennn :D
    btw, soal Nabi Adam sebagai manusia pertama, gue setuju 100% sob, gak di ragukan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahha..... iya neh sob. Mang Eksak soalnya jagonya bahasa daerah :D

      Delete
  15. . . waduch,, rada bingunk juga aq. huhh . .

    ReplyDelete
  16. Bahasa palembang wie bru tau, dpt pelajaran bhsa baru, idak = tidak, samo = sama hehe

    ReplyDelete
  17. hadoh isuk-isuk mengkenen inyong jd puyeng bacanya, agak ora andersten
    seperti kl listening anak om ane yg lg ngobrol pake baso wongkito sama her father
    wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahha..... saudaranya yang di plaju itu ya sob :)

      Delete
  18. ckckckc...jadi inget pelajaran ppkn jaman sekolah nih...saya mungkin dah lupa...hehehe... malu dibilang tidak patriotis ...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiixi.... untuk intronya PR kang :D

      Delete
  19. dapat kosa kata baru,.. idak = tidak,..hahahhaa

    ReplyDelete
  20. bhaaha...nyimak aja sob, ora mudeng karo bahasane..

    tapi yang jelas ke bhinekaan itu semakin menambah persahabatan ya sob, buat saling kenal satau sama lainnya

    mantabss PR-nya hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gakpapa sob disimak aja hehhe..

      Betul sob, perbedaan harusnya bisa saling melengkapi heheh..

      Thanks kunjungannya kang :)

      Delete
  21. masih musim PR kaya gituan aja ya, perasaan udah dari bulan kmrn sya udah ngerjain hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sob, permintaan dari sahabat pena hhahahaha.....

      Delete
  22. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sobat kunjungannya, semoga lancar bisnisnya :)

      Delete
  23. 1. kecele sama prolognya, kirain mau postingan kebangkitan nasional
    2. hadedeehh... baca ini sampe monyong2 dan kepeleset, puegeelll :P
    3. tangan pendek.. tangan pendek.. tangan panjang.. maliang *berasa di tanah abang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. !. sengaja buat intro jebakan sob hahahha...
      2. Sama sob, aku juga :D
      3. Jiahahahha.... gak ikut2 aku :D

      Delete
  24. wah pr ya, make bahasa jawa lagi. keren. hahaha, btw sekalian di hubungkan tentang si ujay yang bahas lilin ya. hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh sob, biar saling menyambung :D

      Delete
  25. Hisy... Lemak nian euy [cak pempek] ! Ado wong kito galo di sini! Lum sempatlah aku postingke baso ni, la keduluan jantan sikok ni! Bhahaha, okelah nak koreksi sikok2 yo... :-P

    1. Jawaban cak ni be pake jingok2 punyo wong? Ckckck, wak lanang apo jantan? Bhahaha, 17? Dak ngotak'i tu? Iyo, aku pecayo be lah... 2. Betul, tu! Umur manusio bakurang, dusonyo yang tambah! Bhahaha 3. Cak mano tambah gancang? Abes batre iyo! :-P 4. Apo yang saro? Saro apo malu ngaku? Bhahaha, Bacando atawa penesan samo ngotak'i tu saduluran, kang! 5. Iyo tuh! Panto wong buyan yang nak nonton acaro cak dio. 6. Wong mano yang ngatoke asalnyo dari monyet, biarlah dio! Yang penting kito idak! 7. Setuju! 8. Cindo nian jawaban kau ni! Pacak nangko-nangko balando, galak saro-aman katek ilmo! Bhahaha, 9. Sapo yang ngatoke lebih lamo daripado sikok? Tanyolah ka enha, dio tau caknyo! 10. Betul dak ado lagu yang jahat? Lebeh baek tido daripado denget2 cak tu, kan? 11. Kan panto ekting? Sapo tau kagek biso jadi artis kau! 12. Prio salero bundo, eh... Kenapo jdi padang katoku ini? Prio punyo salero lah pokoknyo! Hehehe

    beuh! Makmano Wong kito galo, cindo2 betinonya, lemak nian pempeknya! Bhahaha, thanks yo Kang! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahha...... yang ado gawe lah datang :D

      1. Bahaha.... lanang mang, amun jantan pecak iakn be :D, jadi yang bener brapo umurmu tu mang ??
      2. Iyo nian mang, duso yang banyak betambah hahahha...
      3. Laju apo dio mang jawabanyo ?? Mada'i nak neles terus wkwkwk...
      4. Wahahah.... iyo mang penesan samo bohong yang idak seduluran yo wkwkwkw...
      5. Iyo kang, cak katek artis lainnyo be.
      6. Setuju mang.
      7. xixixi... idem kita mang.
      8. Wkwkwk.... melok be aku mang :D
      9. Sudah baco mang, tetep dak ngerti wkwkwkwk...
      10. Yo, cak tula hahahha..., langsung ganti canel :D
      11. Tetep dak pacak mang, aku kan wongnyo penyabar wahahaha....
      12. Wkwkwkwkkw.... rancak bana, ciek...dou...tigo whahahha...

      Salut mang samo mamang ni, pacak baso apo bae hahahha..... jangan2 istrinyo tiap tempat ado yo mang wkwkwkwkwk...

      Samo2 mang, makasih jugo lah di koreksi PR nyo :)

      Delete
  26. gak gak gak kuat aku gak kuat baca tulisan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... kenapa sob? masih bahasa daerah Indonesia lho :)

      Delete
  27. huahahhaa...lidoh awak keseleo baco2 jawaban iko :D *au dah...bener ape kagak tuh* :p

    ReplyDelete
  28. wakakaka ngapo ASL itu yg ditanyo kan ttg kau ngp yg dijawab mlh ttg eksak mang? Gokil pulo bhaso krajaan dibawa bawa. Padek. Pucuknyo Indonesia bgt. Eh bawahnya cak itu galo. Wai gilo nian. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... iyo sob, sekali2 pake baso wong kito :D

      Delete
  29. wahhhh, pada bahasa palembang yah nih :))

    maaf saya gak ngerti dah, jadi saya baca postnya aja :D

    ReplyDelete
  30. wah..bahasa Palembang ya jawab-nya..tapi saya setuju sobat..ilmu dan agama memang harus sejalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sobat, thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  31. hedeww...saya hanya bisa ngerti 12 pertanyaannya, kalau jawabannya hanya mengira-2 maksdunya apaan. Alsi puyeng deh, gak ngerti bahasanyooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... sama mbak, saya juga puyeng mikirnya :D

      Delete
  32. mantap nih dah lama ga denger bhineka tunggal ika...

    ReplyDelete
  33. saya ngerti-saya ngertiii..*tunjuktangan*

    eeehh...tp kok komentarny malah nyampur k bhs padang???!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya juga bhinneka tunggal ika octa hehehee...

      Delete
  34. wah, bagus sob..
    tp bahasanya saya gak ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa sob, menyimak yang atas aja hehehe...

      Delete
  35. mbook boso jowo wae mas sing aQo ngerti ckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... aku yo lagi blajar sob :D

      Delete
  36. Bingung baca baso Plembang qiqiqi.
    Eksak jago euy bahasa Makassar, lebih jagoan dia dari saya.
    Eh, ini ada trend turun2in umur yah .. ngaku2 lebih muda ? qiqiqi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga lagi belajar mbak hehehe...
      Eksak emang jagonya bahasa mbak.
      Ngikutin trennya yang ngasih PR tuh mbak hahhaaa...

      Delete
  37. Replies
    1. Iya sob, saya juga pakek kamus online neh :D

      Delete
  38. seingetku pernah ada postingan bahasa jawa di blog ini? bener gak yahh... kalau bner hebat dah anak rantau bisa bahasa daerah lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, masih jagoan yang ngasih PR sob hehehe...

      Delete
  39. semuax pd semangka ngerjain PR ya aq blom ni :(

    ReplyDelete
  40. semoga kebhinekaan dalam tunggal eka itu tetap terpelihara terus ya sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  41. Translate translate...
    Kamu bisa juga bahasa Palembang. Tapi kamu kan bisa juga toh bahasa jawa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yen di tranlate gak seru wury hahahhhaaa

      Delete
  42. waduuh.. :D saya ketinggalan jauh nih... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang sob, masih ditungguin hehehe...

      Delete
  43. ga mudeng boso palembang bosss!!! :D

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP