Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Friday, June 22, 2012

Belajar Beternak Ayam Broiler 3 (Pamit)

Pembangunan Kandang

Postingan sebelumnya tentang Belajar Beternak Ayam Broiler :
1. Pendahuluan
2. Jenis Kandang

Untuk sekarang ini saya akan sharing tentang pembangunan kandang ayam broiler. Banyak faktor yang mempengaruhi bentuk bangunan kandang, diantaranya yang perlu diperhatikan adalah :

1. Bahan baku yang tersedia.
Bahan baku yang sering digunakan untuk membangun kandang yaitu bambu, kayu atau corcoran semen. Bahan baku sangat berpengaruh terhadap umur kandang. Dengan menggunakan bahan baku bambu tentu saja lebih murah tetapi umur kandang biasanya hanya bertahan antara 3-5 tahun. Bangunan yang dari kayu umurnya antara 5-7 tahun dan yang dari semen bisa bertahan 10 tahun atau lebih dan semua tergantung dari cara perawatan bangunan kandang.

2. Posisi sinar matahari.
Sinar matahari sangat berpengaruh terhadap suhu didalam kandang maka sebisa mungkin sinar matahari tidak masuk kedalam kandang dengan cara bangunan kandang dibuat sejajar dengan arah matahari terbit dan tenggelam. Jadi kandang sebaiknya membujur barat-timur.

Bentuk dan ukuran kandang.

Yang akan saya jelaskan berikut ini adalah bentuk dan ukuran kandang standar yang umumnya digunakan oleh peternak didaerah Jawa Tengah, hanya buat patokan saja dan bisa diubah disesuaikan dengan lokasi dan kondisi lingkungan kandang.

Kepadatan kandang untuk bobot panen 1.5 kg biasanya saat ayam umur 31-34 hari adalah 10 ekor/m2. Jadi misalnya mau melihara ayam 5000 ekor maka luas kandangnya 500 m2 (10 m x 50 m)

Contoh sketsa bangunan dan ukuran kandang seperti gambar dibawah ini (klik gambar untuk resolusi tinggi):









Contoh bangunan kandang dari bambu.







Contoh bangunan kandang dari kayu.





Contoh bangunan kandang dari coran semen.







Izin Hiatus

Saat kita menimba ilmu dari dasar sampai kuliah, kita selalu memegang idealisme tinggi. Tetapi setelah kita lepas dari semua itu, kita harus mandiri, kita harus berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat, merantau dan jauh dari sanak saudara, idealisme seakan luntur dan turun jauh sekali sampai didasar kaki. Yah, itulah kehidupan yang memang mengalir mengikuti apa yang sudah digariskan oleh-Nya.

Walau hanya didunia maya, saya sudah merasa menjadi bagian dari keluarga besar sahabat-sahabat blogger semuanya. Selalu ada rasa rindu jika sehari saja tidak berkunjung, tidak bertegur sapa, walaupun sebenarnya didunia nyata kita tidak pernah saling bertatap muka. Seperti kata pepatah, jauh dimata namun dekat dihati.

Saat ini saya masih ada sesuatu yang harus diselesaikan. Kalau kita merasa dunia ini kejam, memang begitulah keadaannya. Kadang kita harus mengalah untuk meredam sesuatu yang memanas, kadang juga kita harus maju berperang untuk mempertahankan harga diri yang diinjak orang. Karena hidup adalah pilihan dan melalui semua rintangan kita akan menjadi pemenang.

Maafkan saya jika pernah ada kata yang tidak bermakna dan melukai hati sahabat semuanya. Maksud hati hanya bercanda, tapi apalah arti jika menjadi luka, yang dapat saya pastikan bahwa semua itu tidaklah saya sengaja. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan, walaupun hanya sementara izinkan saya undur diri.

----oo00oo----


Eh balik lagi.... kok pada sedih semua hahahhaa...., maaf ya sob, memang lagi ada yang mau dirampungkan dulu. Saya izin hiatus untuk sementara. Saya sungguh-sungguh minta maaf jika pernah ada kata yang salah, terutama buat Una yang sering saya senggol dipostingan saya. Kulo nyuwun ngapuro njih Un :D. Untuk teman-teman semua, saya undur diri. Doakan semoga segala urusan saya bisa selesai dan bisa kembali berkumpul dengan sahabat-sahabat semuanya. Terima kasih sebelumnya untuk doanya :).

57 comments:

  1. duh mas Budhi.... saya kok langsung merasa kehilangan membaca postingan ini..... padahal baru di detik2 mas Budhi say good bye... gimana nanti yaa?

    apapun itu, kami selalu mendoakan agar Allah SWT senantiasa memudahkan gerak langkah mas Budhi dalam menggapai harapan... memberikan kesehatan, berkah dan rahmahNya bagi mas Budhi dan keluarga... amien...

    trims juga sudah setia mengunjungi saya selama ini ya mas... Saleum.

    ReplyDelete
  2. wah, mao kemana sob, hmmmm ... dengan berat hati gw kudu mengikhlaskan kesibukan elo sob :D
    semoga elo bisa segera balik lagi ya :D
    sukses selalu sob :D

    "Salam Stupid monkey" dulu kalo gitu :D

    ReplyDelete
  3. met hiatus yah, mohon maaf juga jika ada salah, semoga sukses juga di nyata n jangan lupa balik nengok blog lagi untuk berbagi ilmunya, salam.

    good luck!

    ReplyDelete
  4. iya nih mau kemana sih... semoga cepat segera kembali online ya.... padahal baru mau belajar ternak ayam nih....

    ReplyDelete
  5. dadaaaah mas Budhi...
    baliknya bawa oleh2 yaaaa :D

    ReplyDelete
  6. Selamat tinggal masbro. Ditunggu kembali nya.

    ReplyDelete
  7. Huhuhu, #terharu! Mau kemana lo, kang? Ati2 ya! Jgn jauh2! Jgan lama2! Jgn hiatus! Jgn pergi! Hiks... #jgn lupa oleh2nya! ;-(

    ReplyDelete
  8. Wah ... Mas lagi Hiatus rupanya ..
    Selamat Hiatus mas ^^

    >> Kandangnya sering lihat.. Oh berarti itu kandang ayam broiler yah??

    ReplyDelete
  9. jangan terlampau lama untuk hiatusnya.. :D

    oleh2nya jangan2 ayam itu :P

    ReplyDelete
  10. nice info qaqaq! tapi di rumah gak melihara ayam, tapi apet ilmunya :D

    ReplyDelete
  11. mau beternak ayam ya sob?
    tar kalo dah byk, Penghuni 60 di bagi ya...
    :)
    SEMOGA SUKSES SOB...
    jgn lupain kita2 ya...
    ditunggu kembalinya lagi

    ReplyDelete
  12. semoga urusannya cepet selesai ya mas....jangan lupa oleh-olehnya ya....hihi...

    ReplyDelete
  13. mas budi jangan tinggalkan kami ya, kami masih memerlukan mas budi dalam ruang hati dan jiwa kami,,
    semoga semuanya baik-baik saja ya mas,,
    sukses pokoknya,,

    ReplyDelete
  14. ternyata beternakpun harus ada ilmunya ya

    ReplyDelete
  15. Amin, semoga urusannya cepet selese...
    supaya cepat kembali ngeblog lagi sob.... :

    ReplyDelete
  16. hati-hati dijalan sob. jangan lurus aza kalo di tikungan. wkwkakakakkak!,.. selamat merampungkan yang belum rampung. gue nunggu bagian hasilnya aza heheh..

    ReplyDelete
  17. Gila... selain ternak ayam, ternak blog juga kan Mas Sob? :p Dolarnya numpuk dooong :D

    Semoga lancar urusannya Mas Sob, rizqinya tambah melimpah dan tetep berkah. Amin.

    Ora apdet ae aq kadang ngintip rene koq. Pingin reti kahanan sedulur lanang :D

    ReplyDelete
  18. trimakasih ilmu ternakya gan,

    monggo gan, kerjaan lebih penting, kutunggu baliknya ya:}

    ReplyDelete
  19. walaupun ga ada niat beternak ayam tapi aku baca koq postingannya :D

    selamat berhiatus.. semoga urusannya cepat kelar dan lancar biar bisa cepet2 berkumpul lagi di dumay ini :)

    ReplyDelete
  20. waduh mas hehe.. semoga sukses deh...

    ReplyDelete
  21. walah... baru aja nempel dimari... yang mpunya dah say "good bye" ajah euy.... euleuh....

    ReplyDelete
  22. setting priority..membuat kita harus memilih mana yg harus dikerjakan terlebih dulu dengan mengurangi kegiatan lainnya..selamt hiatus..semoga kerjaannya sukses yaaaa...di tunggu kembalinya...mungkin saya juga akan semi hiatus utk beberapa waktu..

    ReplyDelete
  23. ambil ember dulu ah #menampung airmata
    penutupnya memilukankang ..
    pesanku padamu; jangan tidur di kandang ayam :D

    met berjuang, merrrrrrdekaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  24. Ya ampun... kenapa nyusul aku hiatus sih? hehehe...
    Ini aja aku baru sempat nengok blog setelah sekian lama terlantar.
    Ayooo buruan balik, ntar kalo kelamaan hiatus bakalan males spt aku lho.

    ReplyDelete
  25. kalau saya lebih memilih beternah ayam kampung mas,soalnya dari segi perawatan sangat mudah & tidak rewel selain itu dari segi keuntungan jauh lebih menguntungkan 2-3x lipat dibanding ayam broiler :)

    ReplyDelete
  26. Waduh, mau kemana Bud? Jangan lama-lama hiatusnya, cepet balik yaaa, kalo nggak balik-balik nggak dimaafin lho sama Una :P

    ReplyDelete
  27. kenapa hiatus? padahal gw baru mampir kesini lagi?

    ReplyDelete
  28. wah ternyata matahari berpengaruh juga ya ternyadap kesehatan ayam... ehm, baru tau. tenkyu gan, ane mau bikin kandang dulu ah (bohong mode on)

    ReplyDelete
  29. yess... akhirnya ketemu juga,
    dari tadi aku cari-cari ini sob..
    info yg bermanfaat sekali..
    ijin bookmark ya :D



    #Semoga Sehat Selalu

    ReplyDelete
  30. Wkwkwk aku terima ngapuramu...
    Kamu mau ke mana mas?
    Ternak apalagi? Wedhus?

    ReplyDelete
  31. ya..dizinkan dengan syarat harus kembali lagi bersama update postingan-nya :) selamat ber-hiatuz :)

    ReplyDelete
  32. kembali lagi dengan cerita ternak ayamnya yg sukses yaaa.....

    ReplyDelete
  33. Artikel yg sangat bermanfaat Sob, patut dicoba... :)
    Hadir selalu di Blog Sobat terbaik, izin share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. XIV, ditunggu komentarnya, Thx... :)
    Salam bLogger,

    ReplyDelete
  34. wets, udah lama menanti lanjutannya noh sob ..
    asoy asoy ..
    yah, hiatus ye sob :(
    okelah gue mananti :D

    ReplyDelete
  35. yaaahhh..... pas aku posting lagi, kamu menghilang.... huhuhuhu *sedih*

    yaweslah, datang bawa oleh-oleh yaa.... awas kalau gak.

    ReplyDelete
  36. semoga urusannya cepat selesai ya :)

    ReplyDelete
  37. aq jg sempat miara ayam tp gk berthan lama setelah itu bangkrut..., smg bs ngeblog lg ya... *smile

    ReplyDelete
  38. Ii yang salah komputernya atau memang tampilannya memanjang sob

    ReplyDelete
  39. Mesti butuh modal gede nih, tapi namanya usaha! bener nggak sob?

    ReplyDelete
  40. Meninggu update blognya mas .... :)

    ReplyDelete
  41. lama sekali kawan. semua pada hiatus huhuhuhu

    ReplyDelete
  42. wah hiatus ya mbak,,,
    moga cepat kembali saja,, saya suda kembali ngeblog ini soalnya,heheh

    ReplyDelete
  43. Artikelnya benar^ sangat bagus sekali sobat, ...
    saya juga Numpang belajar di sini ya sob...
    Banyak yang harus saya ketahui, salnya saya juga lagi usaha kecil^an soal ayam broiler ini sobat...
    terima kasih...

    ReplyDelete
  44. nice share sob . .
    sekedar mampir buat ngengetin join balik ya . . #smile

    ReplyDelete
  45. berkunjung gan....

    postingan dan ulasan yang menarik

    ReplyDelete
  46. kembali ke sini sobat
    Selamat menjalankan ibadah Puasa, semoga tetap sehat dan sukses

    ReplyDelete
  47. kembali lagi kes ini sobat, sambil membaca^ lagi
    mengulang
    terima kasih

    ReplyDelete
  48. assalamu'alaikum...
    kunjungan silaturahmi yaa sob....

    lama memang gak main di blog sobat sekalian....
    maklum cuma memakai jasa warnet.....
    semoga persahabatan kita tetap terjalin yaa sob....

    ReplyDelete
  49. Support Sobat. Semoga usahanya selalu sukses dan bermanfaat. Aamiin

    ReplyDelete
  50. Trimakasih mas atas saran dan sketsa a,,ini sngat bermanpaat skali bwat q........
    smga sukses Slalu ea mas. ....

    ReplyDelete
  51. thank infonya. Sukses selalu buat anda

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. mantab informasinya,...
    salam sukses...

    ReplyDelete
  54. mau tanya mas,abang2,kk2 yg berpengalaman... bagaimana mau jadi blogger ...????
    apa aja yg harus di siapkan n di lakukan.. >?????
    smoga abang2,mas2,kk2 mendapatkn kesuksesan berbagi pengalaman nya... trimah kasih :)

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP