Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Monday, August 27, 2012

Percaya Apa Ora

Dulu waktu masih SD, Bapak langganan majalah berbahasa jawa "Panjebar Semangat". Kalau tidak salah majalah mingguan ini dari Surabaya dan dikirimkan melalui pos ke rumah.

Saya sukanya sih baca cerpen, atau rubik anak-anak dan yang paling saya sukai adalah halaman yang judulnya "Percaya Apa Ora" yang artinya percaya apa nggak ya, kalau di TV seperti acara Ripley's believe it or not hehehe... Yang isinya keanehan-keanehan di dunia. Serem juga sih kadang-kadang ngebacanya.

Nah, jadi gini sob, saat lebaran kemarin kan banyak tuh di rumah yang pada sembelih-sembelih ayam, entok / itik, atau bahkan kambing untuk menjamu saudara-saudara atau siapapun yang berkunjung kerumah. Ketika kita menyembelih entok, kan sering kan ya matinya itu luamaaa... sekali. Gak tahu kenapa yah, tapi yang jelas emang entok kalau disembelih bisa tahan lama sebelum akhirnya bener-bener mati.

Eh, waktu sembelih-sembelih entok ada tetangga yang bilang katanya kalau nyembelih entok setelah disembelih pisaunya ditancapkan ketanah agar entoknya cepat mati. Ah mustahil...... itu yang langsung terlintas di fikiranku. Lalu aku sembelih 3 dari 5 entok yang mau disembelih. Ternyata emang ketiganya ditunggu sampai 5 menit, 10 menit ... tetep aja gak mati-mati. Ah biarin aja, entarkan kalau waktunya mati juga mati sendiri.

Tapi untuk entok yang ke 4 saya penasaran juga sama yang diucapkan tetangga sebelah tadi. Jadi setelah saya sembelih entok yang ke-4 ini, lalu pisaunya saya tancapkan di tanah seperti pada gambar.

Anak Rantau

Mungkin temen-temen kalau gak buktikan sendiri gak percaya ya, entok yang ke-4 ini eh, matinya hampir bersamaan, bahkan lebih dulu mati dari yang saya sembelih duluan 3 ekor tadi. Saya yang dasarnya gak mudah percaya sama hal-hal mistik kayak gitu, lalu saya sembelih yang terakhir. Seperti tadi setelah disembelih pisau saya tancapkan ketanah. Aneh, emang bener sob, matinya gak terlalu lama, mungkin gak sampai 5 menitan.

Memang aneh ya sob, tapi saya sudah membuktikannya. Sahabat ada yang tidak percaya? sama sob, saya juga tadinya tidak percaya hehehe.., tapi mungkin bisa dicoba kalau sobat-sobat lagi potong entok, jangan lupa undang-undang ya sob hahaha...
.

71 comments:

  1. Khusus entok gitu?
    Wah kok horor hihihi~

    ReplyDelete
  2. haha...
    ada ada aja, @@
    perlu diselidiki secara ilmiah tuh, masak cepat mati gara2 pisau nancep ke tanah @@

    #kalauakusihnggakpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo dicari ilmiahnya gak nyambung deh sob :D

      Tapi boleh dicobain sob kalo pas nyembelih entok.

      Delete
  3. ikuti petunjuk Rasul aja Bro..., *smile

    cz msh dlm suasana syawal sy ucapkan,

    Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Selamat 'Idul fitri 1433 H
    Mohon Maaf Lahir & batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sob.

      Met lebaran juga, Maaf lahir dan batin ya :)

      Delete
  4. wah itu sih emang bener sob, soalnya pisau yg ditancapkan ke tanah lebih cepat menghantarkan ruh si bebek tersebut ke dalam tanah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga ya sob. Saya sendiri bingung hahaha...

      Delete
  5. Saya baru tahu neh mitos menyembelih entok [mentok itu kan? yg kayak bebek tapi lebih sexy dan lehernya pendek wrnanya putih dan makannya banyak].
    Mentok itu kalau di sembelih kayak bebek, lama baru mati.

    Iya, saya dulu prnh tahu majalah penyebar semangat..isinya agak2 mistik getu ya..

    btw, saya gak berani lihat hewan di semebelih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mentok hehehe..

      Kalau perempeuan memang banyak yang gak tega lihat hewan disembelih ya mbak :)

      Delete
  6. masa sih sob?
    Saya dulu waktu sekolah suka baca PS di perpus, isinya bagus-bagus

    ReplyDelete
  7. enggk hnya sembelih ayam sama entok sob,
    lembu juga udah siap siaga, wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... kalo lembu belum pernah sembelih saya sob :D

      Delete
  8. kalo ane bisa percaya bisa ora sobat, semuanya tergantung sugesti kita masing2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kalo pas potong entok dicobain sob hehehe..

      Delete
  9. mungkin kurang dalam kang yang nyembelih . .jadinya lama matinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sob, entok emang tahan lama kalo di potong.

      Delete
  10. Wuaaaaaaaaaaaa itu PISAU apaq Golok ya yang nancap. Kaget juga sayah melihatnya hiheiheiheiheiehiehiehiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisau itu kang, cuma di zoom aja hahaha...

      Delete
  11. wah baru tahu juga nih..... beneran ya.... selama ini tidak pernah lihat motong ayam lagi... waktu kecil sering lihat ibu motong ayam...

    mungkin bisa bener kali ya... aneh...

    ReplyDelete
  12. kunjungan malam , baru tahu mas klo ada cara kayak gini.....

    ReplyDelete
  13. ditempatku di kampung juga ada kepercayaan semacam ini mas...aneh tapi nyata ya...

    ReplyDelete
  14. Kalau entog memang lama matinya setelah disembelih, bahkan ada yang masih sempat terbang beberapa saat. Barangkali ada baiknya juga untuk dipraktekkan tips yang seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, entok emang lama matinya kalo di potong hehehe...

      Delete
  15. wah unik aneh ajaib juga yaa... kok bisa yang ke empat nya gitu.. mungkin pengaruh sugesti juga yaa.. xixixi

    ane juga gak punya entok, apalagi harus sembelih 4 ekor.. btw itu pas mau sembelih kawan entknya gak dinampain ke temannya yang lagi dsembelih kan? gak baik soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga karena sugesti kali ya sob :)

      Delete
  16. soang sama entog sama gak ya? dulu waktu kecil pernah dikejar2 soang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak, kalau soang kan angsa itu ya?

      Delete
  17. waaahh, sayangnya saya gak punya entok gan. .
    cuma sering sembelih puyuh, emang ditancepin ketanah.
    tapi ga tau alasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau puyuh gak ditancepin juga cepet matinya sob hehehe

      Delete
  18. ujar entok ke 1 sampe 3 ketika terbaring setelah disembelih "ooh..kenapa aq lemas seperti ini? apakah aq disembelih? tapi mana pisaunya, aq gak liat? atau apakah ini hanya mimpi?"

    tetapi waktu entok ke 4 terbaring setelah disembelih "ooh..kenapa aq berdarah seperti ini? apakah aq disembelih? ooh, ternyata benar, itu pisaunya tertancap ditanah ketika selesai menyembelih aku. berarti aq telah mati"..blak langsung tewas deh yg nomer 4. itulah mistiknya hahahhaaa..
    hallo kawan, lama tak sua, kemana aza nih?

    ReplyDelete
  19. hahaha.. saya mah gak percaya gitu2an mas.. itu kebetulan aja kali.. bebeknya keburu shock ngeliat ketiga temennya mati :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... dicobain deh sob biar percaya :D

      Delete
  20. inget waktu jaman suka tidur di mesjid
    biar tidur di mesjid tetep aja otaknya jahil
    pengen bakar bakaran nyolong entok tetangga
    ga tau kalo motong entok ga boleh dilepas kaya ayam
    tengah malem mala sibuk ngejar ngejar entok mabur
    akhirnya ketauan deh sama yang punya
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... Jadi dipegangin aja ya sob :D

      Delete
  21. Haha..baru tau jadinya.. Bisa jadi besok2 klw motong entok... Bisa di pakai triknya.. :)
    Salam.. :)

    ReplyDelete
  22. wkwkwkwk...
    ada-ada saja,,, :D
    Tapi nice inpo deh gan, Ane baru tahu soalnya, hehe
    Salam bLogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi,.... oke sob.
      Thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  23. kunjungan silaturahmi sob...

    waaah... believe or not... gaya acara riplis nih....

    ReplyDelete
  24. korelasinya apa ya? hmm, terus kenapa entok itu matinya lama ya? apa urat nadinya tebel banget sampe susah gitu dipotong? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada korelasinya sob hehhee...
      Tapi emang aneh aja sih :)

      Delete
  25. wah informasi yang sangta menarik, saya baru tahu ini sob, soal percaya gak percaya memang saya gak tahu mungkin karena blm membuktikan,..
    Tapi ini sangat bermanfaat buat nambah pengetahuan saya
    terima kasih

    ReplyDelete
  26. hehehhe. aneh juga ya gan, tapi ente berhasi membuktikan keanehan tersebut bahwa teori itu bnar. heheh. ada ada aja, tapi saya jadi tau, coba ntar ah kalau ada kesempatan pengen tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... dicobain deh sob ntar kalo pas motong entok :D

      Delete
  27. hmm... mungkin waktu nyembelih entog yang ke -empat, *ngekengekengek* pisaunya pas *banget* kena syaraf kematian.. dan akhirnya dead deh...

    *ngarang* *kbanyakanliatfilmfantasy* :D

    ReplyDelete
  28. Secara logika emang kagak nyambung sih. Tapi besok deh ane tak main ke tukang potong unggas di belakan rumah,tak suruh mrektekin keanehan ini.

    ReplyDelete
  29. masih antara percaya dan tidak sob, mungkin besok besok kalau motong mau ane buktiin deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... tapi kalau gak berhasil jangan salahin saya ya sob :D

      Delete
  30. gue minta satenya aja yak kalau udah mateng mah :D kagak pernah motong entog euy makan telornya suka ;D

    ReplyDelete
  31. haha..masa iya sih..wkwkwk.. Tpi ane ga bakalan nyoba..nyembelih aja ga berani..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... masa nyembelih aja gak berani sob. Alergi darah ya?

      Delete
  32. wuih, nggak ilmiah ini...
    tapi bakalan langsung percaya kalo nyoba secara langsung tanpa memikirkan ilmiah atau nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar lako ada yang motong entok, dibilangin deh cha hahaha...

      Delete
  33. salam kenal sob, artikelnya bagus, masak rica rica entok ya? waduh

    ReplyDelete
  34. Percaya gak percaya sih. Tapi lebih banyak percayanya alias percaya tapi tidak menuhankan hal yang semacam ini. hehe

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP