Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Thursday, August 23, 2012

Total Commander - File Manager Terbaik

Anak Rantau
Total Commander memang file manager terbaik, setidaknya menurut saya hehee... Banyak alasan mengapa saya berpendapat demikian. Salah satunya adalah karena kemudahan dalam pemakaiannya untuk memenejemen file di PC. Ceritanya panjang sih sob kenapa saya sampai sangat menyukai program yang satu ini. Kalau lagi format hardisk dan menginstall ulang Windows, maka program Total Commander yang akan saya install pertama kali setelah windowsnya jalan. Kok bisa yah??

Dulu ketika saya masih kecil, saya suka lihat kakak utak-atik komputer jadulnya. Masih jamannya DOS, WS, LOTUS, WP yang menguasai software pada saat itu. Yang menarik adalah kakak selalu menggunakan program yang namanya Norton Commander (NC) yang masih under DOS untuk copy, compres, memindahkan ataupun mengedit file txt. Nah akhirnya saya juga diajari menggunakannya dan sampai bermigrasi ke windows pun program NC masih saya gunakan untuk menejemen file. Untungnya gak lama kemudian muncul versi windowsnya yang bernama Windows Commander. Dan sekarang ini telah berganti nama lagi dengan nama Total Commander dan masih tetap menjadi andalan seperti halnya Norton Commander dulu hehee..

Anak Rantau
Norton Commander (NC) under DOS (Sumber Gambar)

Anak Rantau
Midnight Commander (MC) yang berjalan di sitem operasi UNIX (Sumber Gambar)

Yang menariknya lagi nih sob, dengan menginstall Total Commander kita bisa menghemat banyak program seperti Winzip, Winrar, Program Split File, CuteFTP. Karena Total Commander sudah menyediakan semua tool yang berfungsi sama dengan program-program tersebut. Total Commander mendukung format compress file ZIP, ARJ, LZH, RAR, UC2, TAR, GZ, CAB dan ACE. Hebat kan sob.

Semua perintah dalam Total Commander bisa dilakukan dengan keyboard karena semua perintah di Total Commander tersedia shortcutnya misalnya F3 (untuk mengetahui isi file), F4 (edit file), F5 (copy File) dll untuk mempercepat kerja kita daripada menggunakan mouse.

Anak Rantau
Total Commander nemu

Total Commander juga menyediakan tool untuk split file (memecah file) misalnya temen-temen ingin meng-copy file dari PC di kantor yang kapasitasnya 1 GB, dan kita hanya memiliki 2 buah flashdisk dengan kapasitas 0,5 GB. Maka kita bisa membagi file tersebut menjadi 2 dan nanti kedua file tersebut bisa kita gabungkan lagi di PC kita.

Anak Rantau
Tool Spilt File

Temen-temen ada yang tertarik?? Ini bukan pesan sponsor lho sob, hanya ingin berbagi info aja hehee... Untuk alamat download Total Commander versi shareware di http://www.ghisler.com/download.htm dengan menampilkan iklan untuk upgrade saat dibuka.

Anak Rantau
Salam Pembukaan dari Total Commander versi shareware

Demikian postingan saya tentang Total Commander - File Manager Terbaik, untuk melepas rindu karena sudah lama tidak berjumpa dengan sahabat-sahabat blogger semuanya, semoga bermanfaat :)

78 comments:

  1. belum pernah sih makek,sepertinya bagus juga ya sob, apalagi ada yang split file suatu saat pasti kita akan perlu itu saat mengambil file yang besar...

    ReplyDelete
  2. mau coba pake ah, sapa tau lebih bagus dari windows explorer...

    ReplyDelete
  3. saya belulm pernah coba nih, apa link itu full versi gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. shareware sob. yang full version harus di upgrade.

      Delete
  4. wah lengkap nie berarti sob ya. :D, ehm.. temen ane make si, klo ane emang ga pernah make. tapi ane liat temen ane dan dari cerita ente. kayanya emang nie mantap banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja sob, kalo dah biasa kayak saya yakin enak deh makenya heehee..

      Delete
  5. kunjungan malam gan . .jadi ingin mencoba nich#smile

    ReplyDelete
  6. Hebat gan :)
    ane kurang menguasai bidang ini gan

    ReplyDelete
  7. wah..brarti mini comander yang selama ini aku pake di hp anaknya total comander ini ya.. Tampilannya mirip..keren gan..hihi

    ReplyDelete
  8. kujungan lebaran sj ya...jd commentnya OOT:

    hepi idhul fitri, maaf lahir dan bathin:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak Ririe, maaf juga jika ada kesalahan :)

      Delete
  9. salam kenal sob...
    wah ini yang bermanfaat,terutama untuk saya yg baru mengenal dunia komputer.
    mksh info-nya sob,happy blogging

    ReplyDelete
  10. thanks infonya ya, kapan2 bisa aku cobain

    ReplyDelete
  11. Saya pernah pake DOS, Lotus, WS, dan NC :)
    Tp yg ini baru tau ...thx sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah kebiasaan pake windows explorer ya mbak hehee...

      Delete
  12. Te Ka Pe!
    apa gak tabrakan ama explorer yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih detail pengunaanya gan, jadi ntar lebih bisa membantu. :D, itu yang saya tau.

      Delete
    2. Haris@ betul kata sobat carikost, lebih lengkap programnya sob :)

      Delete
  13. wah ane kagag ngerti yg ginian sob hehe

    ReplyDelete
  14. wew, baru tau hari ini ada software ginian. biar lebih faham mending donlod aza deh!

    ReplyDelete
  15. aku ikut nyimak saja ya :)

    ReplyDelete
  16. Muter muter sobat, sedang cari kawan. Met kenal aja

    ReplyDelete
  17. kunjungan silaturahmi sob...

    bisa jadi salah satu alternatif nih sob...

    ReplyDelete
  18. nyimak sambil.. urut2 kening sob... :)
    mohon mav lahir n bathin ya ;)

    ReplyDelete
  19. kunjungan lebaran nih mas...mohon maaf lahir batin ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak, sama2. Saya juga minta maaf jika ada kesalahan :)

      Delete
  20. . . kalo tentang lotus n dos itu kayaknya aq dulu waktu klas 1 smp dech. he..86x. kira^ skarang masih ada gak ya?!? . .

    ReplyDelete
  21. saya juga sering pke tuh :D

    ReplyDelete
  22. wakss rupanya file manager toh.. :D

    tampilannya jadul banget yaa.. hehe maklum kan dos :D

    ReplyDelete
  23. mantaapp.. idah ringan banyak lagi utilitas nya ya... gak perlu instal win rar gitu :D

    ReplyDelete
  24. kayaknya patut di coba nih sob....

    ReplyDelete
  25. hadeuh jadi terkenang masa jayanya NC sob..
    aku dah jarang instal macem macem
    pake bawaan ubuntu udah cukup soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linux emang udah komplet ya sob hehe..

      Delete
    2. buat latihan dibanyakin pake terminal ketimbang gui
      itung itung mengenang jaman kejayaan dos dulu, hehe

      Delete
  26. aku sering pake itu !

    ReplyDelete
  27. wew, aku ngucapin met hari raya Idul Fitri yaa...

    Mohon Maaf Lahir Bathin.

    oiya, belum koment tentang Total Commander, aku siy jarang pakai jadi gak terlalu akrab sama yang satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 vit, thanks ya ...
      Biasanya yang suka program2 kayak gini cowok vit hehee..

      Delete
  28. Aku gak paham bro, hahaha!
    Jaman DOS, LOTUS itu kapan ya... ndak pernah dengar aku wkwkwk...

    ReplyDelete
  29. keren nih kalo ada perintah shortcutnya. jadi lebih mudah dan cepet

    ReplyDelete
  30. sebagus itukah?
    ehh headernya beda ya :D hohoho
    atau aku yang baru lihat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Maya yang baru main ke sini nih, gak tahu ada header baru hehee...

      Delete
  31. jarang pakai yang namanya commander-commander-an sobat :)

    ReplyDelete
  32. DOS ya.. ngga pernah makai sob... #buta

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. secara waktu itu saya ngga paham komputer.. setelah SMA baru diajarin.. jdi ngga begitu tau, apa itu DOS :D

      Delete
  33. langsung download aahh, nyobain, trims :)

    ReplyDelete
  34. wow, ijin sedot dulu ya sob

    komen balik: http://atdyn.blogspot.com/2012/08/carmallcom-solusi-praktis-cari-mobil.html

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP