Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Friday, September 7, 2012

(Mencoba) Menjawab Misteri Segitiga Berlubang

Habis jalan-jalan ke blognya Penghuni 60, disana telah disuguhi misteri tentang segitiga siku-siku yang memang misterius dan pastinya bikin pusing hehehehe...

Tapi lumayan juga bisa buat bahan postingan nih sob. Jadi misterinya gini sob. Coba lihat gambar segitiga siku-siku (alas = 13, tinggi = 5) yang saya ambil dari blognya sobat Penghuni 60 seperti dibawah ini.


1. Keanehan Pertama.

Luas segitiga terbentuk dari 4 bangun datar :

- Segitiga kuning (L1) yang luasnya = 1/2 * 8 * 3 = 12 kotak
- Sgitiga hijau (L2) yang luasnya = 1/2 * 5 * 2 = 5 kotak
- Bangun datar biru (L3) yang luasnya = 7 kotak
- Bangun datar merah (L4) yang luasnya = 8 kotak

Jadi jika dijumlahkan luasnya jadi 32 kotak.
Padahal jika kita hitung menggunakan rumus segitiga maka total luas semuanya harusnya = 1/2 * 13 * 5 = 32,5 kotak

Nah lho.... Kok bisa ya?? bingung kan hehehehe...

2. Keanehan kedua.

Jika masing-masing bangun datar yang membentuk segitiga utama kita pindah posisinya seperti gambar di bawah ini.


Dengan tidak merubah luasan bangun datar yang membentuknya, maka akan muncul satu kotak lobang yang kosong. Nah lho??? tambah bingung lagi kan.... Huft...

Tenang-tenang sob, akan saya coba untuk menjelaskan secara logis (menurut saya) tentang keanehan segitiga diatas.

Penjelasan saya adalah sbb :

1. Dari keanehan pertama seperti diatas. Luas segitiga secara matematika adalah L=1/2 * a * t
Jadi luas segitiga diatas seharusnya adalah 32,5 kotak. Dan dari gambar diatas sebelum ditukar luas segitiganya adalah 32. Maka dapat disimpulkan bahwa segitiga diatas adalah salah dan bukan segitiga yang sebenarnya. Perhatikan gambar dibawah ini.


Garis sisi miring segitiga utama seharusnya tidak tepat berada pada titik perpotongan seperti diatas, tetapi lebih sedikit keatas sehingga sebenarnya pada gambar diatas, garis sisi miring segitiga utama dipaksakan melewati perpotongan seperti diatas agar bisa membentuk segitiga kecil hijau dan kuning. Jadi kesimpulannya bahawa garis sisi miring segitiga utama melengkung kebawah yang berpusat pada seitiga kuning (karena segitiga kuning yang sisi miringnya lebih panjang dibandingkan segitiga hijau) sehingga mengurangi luasan segitiga tersebut 0,5 kotak. Makanya luas segitiga itu jika kita menjumlahkan dari luas bangun datar penyusunnya jadi cuma 32 kotak.

Hmm... sudah terjawab ya keanehan pertama.

2. Dari keanehan kedua mengapa muncul 1 kotak kosong?? Hal ini dikarenakan segitiga kuning dipindah kesudut sebelah atas sehingga terbentuk segitiga yang baru (yang sepertinya identik padahal berbeda) dengan sisi miring melengkung dengan pusat kelengkungan bergeser keatas mengikuti segitiga kuning (yang sisi miringnya lebih panjang daripada segitiga hijau. Dan segitiga yang baru ini juga mengurangi 0,5 kotak dari segitiga semula sehingga jika ditambahkan dari kedua segitiga yang tidak identik ini telah mengurangi luasan segitiga yang seharusnya sebesar 0,5 + 0,5 = 1 kotak.


Wah, akhirnya selesai juga memecahkan misteri segitiga bermuda berlubang menurut versi Anak Rantau, semoga bisa berkenan dihati sobat Penghuni 60 hahahha.... Jika sobat-sobat ada yang belum faham, silakan isi kolom komentar ya :)

59 comments:

  1. hahha.. :D
    hampir serupa kita menjawabnya.. :D

    ane juga udah posting di kotak komennya bang penghuni 60.. :D

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Makasih mbak, tapi masih salah kata penghuni 60 hehehe...

      Delete
  3. mbak maya : yuk rame.. :D
    mau jadi KLOL SAME SAOI kedua nih.. wkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, mbak Maya ikut ngeramein juga nih :)

      Delete
  4. sama sob ama jawaban anak rantau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sob, tapi belum tentu benar sob :)

      Delete
  5. saya belum cukup umur kali ya?
    kog ra mudeng....
    emang dasare aku ra mudengan deng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak popo mas, podo2 blajar ki hehehe...

      Delete
  6. bukti nyatanya mana sob? matematika itu kan ilmu pasti, kalo secara logika mungkin masuk akal. tapi kita butuh kebenarannya...????
    sori, jawaban kurang sedikit sempurna.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok jadi bingung aku sob ya hehehe..
      Oke, jadi kalo memang segitiga itu adalah segitiga siku2 yang mematuhi hukum pitagoras R2=a2+t2. Maka untuk memunculkan lubang 1 kotak tersebut harus ada ukuran yang berubah.

      1. Bidang datar yang menyusunya harus menyusut or

      2. Alas atau tinggi segitiga utama harus bertambah.

      Jika salah satu ukuran tersebut tidak ada yang berubah sementara itu adalah bener2 segitiga siku2 yang mematuhi hukum pitagoras. Kesimpulan saya imposible sob hehehe...

      Tapi kalo memang benar2 ada penjelasan yang lebih logis saya tunggu sob...

      Suer aku penasaran hahhaa.... (bisa aja nih sobat bikin penasaran :D)

      Delete
    2. Btw, saya mencoba otak-atik

      secr logika, sisi miring kedua potongan segitiga (hijau dan kuning) tidak punya sudut kemiringan yg sama. harusnya terdapat belokan (walo kecil perbedaan kemiringannya) pada Pertemuan 2 potongan segitiga hijau dan kuning.

      Penjelasan secr matematika, lihat di http://www.agusromadi.com/penjelasan_matematika_segitiga_aneh.jpg

      Posisi belokan yg pertama di 8,3
      sedang posisi belokan yg kedua di 5,2
      akan menghasilkan perbedaan luas.

      mgkn ini sedikit.

      Delete
  7. Penjelasannya masih kurang ane pahami sob. Ane sendiri juga bingung dengan misteri ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nanti di tunggu penjelasan dari yang punya hajad sob hehehe..

      Delete
  8. ane termasuk yang belum mudeng sob hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita tungguin jawabannya di rumahnya Penghuni 60 sob hehehe...

      Delete
  9. Paling pusing sob kalau masalah seperti ini. SOalnya dulu guru aku galaknya minta ampun. Jadi kebawa deh. hehe

    ReplyDelete
  10. say hello aza dulu bro! maaf baru hadir kembali diblog sobat!
    wah, ada paket pelajaran matematika tentang segitiga ya. yang jelas dalam matematika, ada juga pelajaran tentang logika. tetapi gue gak bisa banyak komentar nih, soalnya bukan ahli matematika heheheee....!
    btw, pengen ngeliat dulu blog penghuni 60 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung mau komentar apa, otak gue gak nyampe kalau ngomongin masalah matematika *Sumpah

      Anak rantau nih, gue anak banjarmasin loh.
      Ditunggu follbacknya sop :)

      Delete
    2. Bung Penho@ met datang kembali sob heheh...
      Robianus@ Folbek sukses sob, thanks ya :)

      Delete
  11. saya tau maksudnya gambar namun jika disuruh mrndiskripsikan kayaknya nggak bisa deh.

    ReplyDelete
  12. haduh pusing malem2 diajak belajar hehehe

    ReplyDelete
  13. sip gan, kupasan yang cukup lengkap dan mudah dipahami...

    ReplyDelete
  14. waaaaaaaaaaa sangat komlit dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  15. belum nyampek situ kang #smilepelajarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEhehe... thanks sob kunjungannya sob :)

      Delete
  16. terus terang kalo urusan yang beginian, pikiran saya sudah kurang menjangkau. MAklum pelajaran matematika dan itungan sudah sangat lama, bahkan mungkinhampir 20 tahun lebih nggak saya pegang.
    Tapi kalo ngitung duwit, saya jago Kang hhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngitung duit cepet ya sob hehehe...

      Delete
  17. Saleum,
    sedang berusaha untuk memahaminya. Agak sulit bagiku memahami perhitungan kayak gini dg cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma mencoba menjawab aja ini sob hehehe...
      belum tentu benar :)

      Delete
  18. Ooow... intinya gambar pada sampel diatas tuh sebenarnya tidak presisi, gitu yah Mas Sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuasem... komentku ra digubris ig :(
      :D :D :p

      Delete
    2. Hahahah... gak sempet kang sob, dikejar2 setoran hahaha...

      Koyone emang gak identik kang sob, mulakne luase seje.

      Delete
  19. Buluh Perindu Ki Semar, Media Pelet Paling Ampuh
    Ini Adalah Media Pelet Jarak Jauh, dengan media ini Anda tidak harus kenal dengan target yang Anda Tuju, Cukup tahu wajahnya saja Maka Anda bisa memeletnya. dengan menjilat 3x media ini dia akan simpati pada Anda, dibaca mantranya maka dia akan rindu siang malam selalu pingin ketemu dengan Anda. Garansi (untuk Pria/Wanita). hubungi Dani Akbar : 0838 5688 7373 atau kunjungi peletrokok.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. wah bisa aja memecahkannya. aku ga perhatikan kalau ada 0,5nya ya seharusnya. soalnya aku liat di fidionya aja, dan habis itu cuma berkata aneh dan aku tinggal. hehehe, ternyata si agan meneliti sampai kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih perlu klarifikasi dari penghuni 60 nih sob hahaha...

      Delete
  21. Taluk-taluk-taluk... udah males bahas matem :p

    ReplyDelete
  22. wah malah jadi bingung sob jadi ikut nyemak ajha

    ReplyDelete
  23. kalo pengen yang akurat pake integral om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih cha, cuma dah lupa perhitungan integralnya hahaha...

      Delete
  24. Visit me Back on
    http://art-of-hacks.cyber4rt.com

    ReplyDelete
  25. . . jiachhh,, bahas ini. he..86x. aq gak mudeng blas. huhh . .

    ReplyDelete
  26. kunjungan perdana sobat,mau ngucap salam dulu. :D

    ReplyDelete
  27. Segitiga?

    kunjungan di pagi hari ...

    komentarin artikel ini ya..


    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    ReplyDelete
  28. Wah kebetulan, kmrn dpt pertanyaan serupa dari teman.

    iseng-iseng otak-atik.. mgkn gini penjelasannya.

    secr logika, sisi miring kedua potongan segitiga (hijau dan kuning) tidak punya sudut kemiringan yg sama. harusnya terdapat belokan (walo kecil perbedaan kemiringannya) pada Pertemuan 2 potongan segitiga hijau dan kuning.

    Penjelasan secr matematika, lihat di http://www.agusromadi.com/penjelasan_matematika_segitiga_aneh.jpg

    Posisi belokan yg pertama di 8,3
    sedang posisi belokan yg kedua di 5,2
    akan menghasilkan perbedaan luas.

    mgkn ini sedikit dr sy.

    ReplyDelete
  29. aku tetep gak ngerti matematikaaaa >_<

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP