Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Monday, March 5, 2012

Untung dan Rugi

Jika kita akan memulai suatu usaha atau bisnis (wirausaha), perlukah menghitung untung dan rugi??
Sebagian besar orang kalau ditanya seperti diatas, pasti jawabnya perlu, dengan berbagai alasan tentunya. Sebenarnya tidak ada yang salah sih, cuma kalau saya yang ditanya akan saya jawab tidak perlu... Lho??? Kok bisa??

Coba kita perhatikan analogi sederhana berikut:

Jika ada 2 kelompok orang (misalnya 10 orang) disuruh melewati sebuah lapangan yang sudah dipasangi 1 ranjau darat, yang bisa membuat kaki diamputasi bahkan nyawa melayang jika menginjak ranjau tersebut. Tujuannya adalah sisi seberang lapangan yang tanahnya jauh lebih subur dari tempat yang sekarang (neh ceritanya tempat yang ditinggali sekarang tanahnya tandus). Kelompok pertama diberi tahu bahwa dilapangan tersebut terdapat ranjau daratnya, sedangkan kelompok yang kedua tidak diberi tahu sama sekali.
Kira-kira yang banyak sampai ke seberang lapangan kelompok yang mana?? Sudah pasti kelompok kedua yang tidak tahu bahwa dilapangan itu ada ranjaunya.. Kok bisa?? ya iya lah, kan kelompok kedua tidak tahu kalau ada ranjaunya, jadi ya cuek aja mereka menyeberangi lapangan walau mungkin ada satu orang yang terkena ranjau. Dan kelompok pertama?? Pasti deh banyak yang ketakutan dan memilih tinggal ditempat yang gersang hehe...

Jadi menurut saya, jika kita akan memulai suatu usaha, tidak perlu kita hitung-hitungan untung dan ruginya dulu (lha wong usahanya saja belum dimulai kok) karena akan membuat kita takut untuk memulainya, yang terpenting adalah niat dan tekat yang kuat kita untuk memulai usaha atau bisnis. Karena setiap usaha pasti ada kendalanya jadi masalah untung dan rugi bisa dipikirkan setelah usaha kita berjalan. Persis kayak iklan rokok di tipi "Talk less, do more" hehe....

Sobat punya pendapat lain?? Silakan berpendapat di form komentar ya :)
Semoga bermanfaat.

61 comments:

  1. Kalau untuk usaha harus berani untuk memulai, Nice share Teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob, thanks kunjungannya :)

      Delete
    2. Menarik sekali artikelnya ... Mantaps.

      Delete
  2. setuju..om.. ketika memang berniat berusaha..jangan memikirkan untung ruginya terlebih dahulu... yang penting tekad kuat jalankan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sob hehe...
      Makasih kunjungannya :)

      Delete
  3. percaya diri saja ya :D
    untung datanglah !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus percaya diri sob untuk memulai usaha hehe...

      Delete
  4. Replies
    1. Thanks sob kunjungannya. Blognya gak ada buku tamunya ya sob ??

      Delete
  5. wah, siep sob, jangan cuman berkhayal mari kita wujudkan dengan do it

    ReplyDelete
  6. Kalau mau usaha..katanya neh..harus berani memulai. Gak perlu nunggu punya modal..kemudian ada yg tahu kalau kita punya usaha..kemudian ada yg mau tanya..trs ada yg mau nawar harga...dst.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo terlalu banyak mikir malah gak jadi usaha nanti hehe...

      Delete
  7. Hanya satu kata untuk artikel ini "SEPAKAT" sob!!

    ReplyDelete
  8. usaha aja dulu, pokoknya usaha, ya usaha gimana bisa bikin usaha, usaha, nambah modal, usaha biar ada yg beli, usaha biar maju, Pokoknya usaha aja dulu, takut mah buang aja ke laut, hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jang kelaut sob, kejauhan... ke sungai musi aje wkwkwkw....

      Delete
    2. wew ... malah jauhan ke sono dong .. :p

      Delete
    3. O, iyaya wakwkwk...
      Thanks sob kunjungannya :D

      Delete
  9. iya sih.. yang penting kerjain dulu...

    ReplyDelete
  10. kata orang sih GO aja...kalo rejeki nda bakal kemana atuh kang...ganbatte kudasaii^^

    ReplyDelete
  11. bener jika berani dan terus berusaha keberuntungan pun pasti datang pada kita

    ReplyDelete
  12. semangat dan terus berjuang ajah kalau ane hehe

    ReplyDelete
  13. kalo mikir untung rugi, malah g jadi"...
    bener kata iklan
    Talk less, do more :D

    ReplyDelete
  14. Tapi, tetap saja harus merencanakan usaha dengan matang termasuk memperhitungkan untung rugi dan kapan bisa balik modal. Jadi, bisa mempersiapkan agar usaha tidak berhenti di tengah jalan karena perhitungan awal yang salah karena tidak memperkirakan sampai berapa lama akan mengalami kerugian. Kan katanya, kalau usaha biasanya rugi dulu. Kalau tidak mempertimbangkan akan rugi dulu, bisa jadi sang calon wirausahawan ini tidak mempersiapkan modal cadangan yang memadai.

    Kata prang pinter: if you fail to plan, you plan to fail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu juga berfikiran begitu sob, Setelah lulus dari perguruan silat sebagai fresh graduate yang ngelamar kerja gak diterima2 terus memutuskan untuk berwirausaha.

      Dengan perhitungan yang detil, malah akhirnya muncul biaya-biaya yang terduga lainnya sehingga dari hasil hitungan bepnya terlalu lama. Selalu muncul keragu2an dengan hitungan saya sendiri. Sampai 1 tahun saya ingin memulainya tetapi selalu ragu2 akan keuntungannya. (hehe.. jadi pengangguran deh)

      Samapai suatu hari saya bertemu dengan seorang (entah pinter apa gak yah, karena orangnya emang gak lulus kuliah) pendiri Primagama (bimbel). Saya lalu bertanya
      "Pak kalau usaha begini kira2 menguntungkan nggak ya pak??"
      Jawabnya "Sudah berapa tahun kamu usaha begitu??" Malah ganti bertannya.
      "Baru mau mulai pak" jawab saya jujur.
      "Lha wong usahannya saja belum ada kok sudah itung2ang untung ruginya, ya rugilah karena kamu sudah kehilangan waktu buat mikir untung dan ruginya hahaha...." Jawabnya sambil tertawa.
      Akhirnya akupun ikut tertawa juga hehe...

      Dan seminggu kemudian saya berani memulai usaha dan masih berjalan dan mulai berkembang sampai sekarang.

      Kira2 begitu sob pendapat saya, thanks ya sudah berkunjung dan berkomentar di blogku :)

      Delete
  15. usaha yang paling sulit adalah memulainya, kayaknya perhitungan penting.
    tetapi secara detailnya bisa dihitung sambil jalan, dari pada kehilangan peluang keberhasilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali sob, untuk memulai suatu usaha adalah hal yang paling berat, padahal kalau sudah berjalan tidak seberat yang kita bayangkan. Hitung2ang memang perlu sob misalnya bahan2 yang harus kita siapkan tetapi masalah keuntungan dan bep menurut saya yang masih belajar menjadi pengusaha saya kira tidak diperlukan, kecuali memang kita sudah menjadi pengusaha yang profesional dan mempunyai karyawan yang memang pekerjaannya menghitung rugi laba.

      Delete
  16. Persis analogi orang bodoh yg d ajarkan bobsadino. Klo seorang wiraswasta kerja apa slamanya untung? Pasti ada ruginya. Klo si bob usaha nyari rugi, knp? Apakh slamany akn rugi? Ga juga, krn suatu saat akn untung. Klo wira usaha emg hrus jd orng bodoh yg talk les do more, klo orang pinter kbnyakan mikir jadi g d kerjain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... setuju sob, untuk memulai suatu usaha jangan terlalu banyak mikir :)

      Delete
  17. Hmmm... analoginya gak tepat ah om
    kalo saya mah mempertimbangkan untung atau rugi sama sekali bukan karena unsur ketakutan, kalau istilah ekonominya yah disebut dengan "konservatif" kalo gak salah sih...

    Sesuatu yg besar harus direncanakan dengan besar, mempertimbangkan untung rugi salah satu cara untuk bisa menerima kenyataan. apakah nanti usahanya akan berhasil atau gak. kan keren tuh om kalau bisa tau kelemahan kita dalam usaha tersebut. ya gak? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... ini ceritanya baru mau belajar jadi pengusaha sob.

      Untuk memahami postingan saya diatas kita perlu menyamakan persepsi bahwa untuk memulai suatu usaha adalah hal yang paling sulit dilakukan dari pada hitung2an itu sendiri. Jadi kita tidak perlu diribetkan, ditakuti oleh hitung2an yang dalam kenyataannya tidak seperti yang telah kita hitung di tabel analisis yang telah kita buat hehe...

      Thanks pendapatnya sob :)

      Delete
  18. Hm.. kalau ane yang jadi anggota salah satu kelompok tersebut, maka ane akan tetap tinggal di gubug Trenggalek Jelita. Sambil menonton... (ceritanya, ane kan pemalas..!).
    Atau, ane bakal melalui garis tepi/pinggir lapangan yang pasti gak ada ranjaunya... (kalau pun ada, maka ane bakal lapor ke wasit, bahwa si pemasang ranjau Curang!!!). xixixi

    Ini asal komeng, Gan... thanks for share, thats very useful for build my soul to be a great blogger...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkakaka... dipinggir banyak durinya sob haha...

      Oke, thanks kunjungannya :D

      Delete
  19. waah,cucok nh..
    sy bru mw bka usaha.he
    untg rugi enggak mesti d itung dlu, sambil jalan ajaa
    =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin usaha apa sob?? Boleh ikutan gak :D

      Delete
  20. Gan pake tampilan ponselnya dong. Blog ini. Nanti aku mampir lagi!

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Thanks sob linknya, sudah di download :)

      Delete
  22. Saya jg udh 6 tahun usaha sendiri gan, seharusnya 7 tahun kalo saya ndak terlalu banyak ngitung. Akhirnya saya itung aja untung ruginya dalam lingkup major. Lalu jalan aja tanpa mikir lagi...dan alhamdulillah jalan sampe sekarang. :D

    Untung rugi tetap dihitung gan, tapi jangan terlalu detail. Secara garis besar aja lah... sebagai prinsip kehati-hatian. Soalnya kalo sembrono dan ternyata malah ruginya kegedean dan masuk lubang maka nasibnya ga jauh beda sama temen saya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... thanks sob pendapatnya :)

      Tuh temennya yang masuk lubang kenapa sob? Kejerat utang ya sob? Kalo modal dari hutang bank yang penting semua uang yang cair dipakai buat usaha sob, kalau dipake diluar usaha, lambat laun modal usaha kita akan habis dan kita akan terjebak utang dibank.

      Btw bisa sharing usahanya apa yah sob?

      Delete
  23. Betul juga ya.. apalagi kalau terlalu banyak mikir dan perhitungan pastinya jadi penghambat juga. Thx for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, kalo udah niat usaha jangan kebanyakan mikir, ntar malah kehilangan kesempatan hehe...

      Delete
  24. aku juga pengen banget punya usaha sendiri nih, tapi kok masih takut, takut rugi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan bikin usaha dulu mbak, kalau mau bikin usaha gak boleh takut rugi hehe...
      Thanks ya mbak dah mampir :)

      Delete
  25. bener sob, jalani aja dulu, tapi perlu perhitungan juga tentunnya yah, jangan nekat lah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... kalo menurut saya untuk memulai usaha harus nekat sob, setelah terjun baru yang lain2nya difikirkan, setelah kita terjun tentu segala usaha dan fikiran full untuk usaha kita.

      Thanks ya sob komentar dan kunjungannya :)

      Delete
  26. betul tuh masa belum usaha udah ngitung untung rugi hihihi

    ReplyDelete
  27. memang di dunia ini hanya ada dua manusia,yaitu yang satu orang yang untung dan yang satunya lagi jadi orang yang rugi,itu sudah kodrat..

    ReplyDelete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP