Anak Rantau. Powered by Blogger.

Search This Blog

Tuesday, April 3, 2012

Lagu "Sumbang"

Umumnya lelaki punya sifat bajingan
Tak pernah puas dengan satu perempuan
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Kalau ditolak cinta oleh seorang wanita
Banyak yang pergi ke dukun main guna–guna
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Kalau merayu bilang cinta pake umpah
Diajak nikah alasan sekarung sampah
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Jarang sadar kalau diri sendiri bekas
Selalu ingin punya istri yang bukan bekas
Itulah lelaki ini baru termasuk saya

Kalau pacar pergi sendiri cemburuan
Dia sesndiri tidak mau dicemburui
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Malam minggu menggandeng pacar jalan-jalan
Lihat yang molek mata abis jelalatan
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Didepan mertua seperti malaikat
Dibelakang moral bejat busuk berkarat
Itulah lelaki tapi tidak termasuk saya

Benci pada gadis yang berpacar lebih dari satu
Dia sendiri punya pacar sampe tiga
Itulah lelaki ini juga termasuk saya

Sebulan dua bulan pacar dibaikin
Bulan ketiga disergap dan dikerjain
Itulah lelaki, ini jelas termasuk saya


Judul lagu : Aku Lelaki
Oleh: Doel Sumbang

Ayo... siapa yang merasa hahahha.... Anak Rantau tidak termasuk lho... wkwkwkkw....
Masih dalam seri Musisi Favorit Anak Rantau, melanjutkan postingan kemarin tentang Iwan Fals. Ya, Doel Sembang adalah salah satu musisi favoritku. Emang aya' naon jeung Doel Sumbang?? Saya suka dengan lagu-lagunya Doel Sumbang karena selain lucu, romantis juga sering kali lagu Doel Sumbang sarat dengan protes sosial dan ketidak adilan di masyarakat. Seperti halnya Iwan Fals, Doel Sumbang juga sangat berani menyuarakan suara rakyat walaupun biasanya liriknya dalam bahasa Sunda. Album yang sangat saya sukai yaitu EMA (Edanna Manusia) yang berisi kritik-kritik sosial dan juga rasa tidak puasnya pada penguasa-penguasa yang penindas dan korup.

Wahyu Affandi atau lebih dikenal dengan Doel Sumbang (lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Mei 1963; umur 48 tahun) adalah seorang musisi asal Jawa Barat, mengawali karier di dunia teater pada "teater Remy Silado" , dari sanalah ia mendapatkan nama julukan "Doel" , nama "Sumbang" dikaitkan dengan lagu-lagunya yang nyeleneh, vulgar, tengil. Ia juga dikenal lewat duetnya dengan Nini Carlina lewat lagu Kalau Bulan Bisa Ngomong, Aku Cinta Kamu dan Rindu Aku Rindu Kamu serta duetnya dengan Ikko lewat lagu Cuma Kamu. (sumber disini)

Mari kita kutip lirik lagu-lagunya Doel sumbang dalam album EMA.

1. Berenyit

..........................
Awewe barau cikur
Geus darangdan model zaman jahiliyah
Make baju teu mararatut
majarkeun moderen tea.
make bujal ditempokeun sagala rupa

Lamun ngobrol jeung manehna
Aya nu teu apal Naon ai mukena
Bari seri Bari tingcikikik
Unggal peuting ulin di juru diskotik
Nyiar lalaki ateul

.........................

Lagu ini nyeritain kalau anak-anak jaman sekarang dandanannya seronok sok modern, tapi kalo ditanyain "apa itu mukena?" Ehh... pada gak tahu hehehe....

2. Ah Hoream

...........................
dewek mah moal rek pipilueun
komo ukur neangan kode
ngadon mumuja nu hanteu hanteu
nepi ka sagala digade gade
kusabab masang kalaut bae

euweuh dina sajarahna
jalma jegud tina buntut
nu puguh mah ngadon kutud
sangsara neureuyan hitut

lieuk euweuh ragap taya
hayang masang beak modal
tungtungna jadi teu eling
barang tatangga ge dipaling

........................

Pesan dalam lagu "Ah Horem" adalah tak ada orang yang kaya karena judi, yang ada malah bikin sengsara.

3. Col Blem

........................
ari jelma ayeuna
teu koop boga kawasa
asa aing pangluhurna
sagala tara tatanya
dah ceunah teu perlu nanya
da teu sieun kumaha

.........................
sagala rupa dihakan
euweuh nu wani nyarekan
sieun ku kakawasaan
sagala rupa dicokot
euweuh nu wani nyarongot
sieun kalahkah dicopot

...........................
jalma sengsara
sanajan hidup sengsara
kudu maok bulak balik mikir heula
nu beunghar sagala aya
malingan duit nagara
meni teu gableg ka era

...........................

Nyeritain tentang pemimpin yang korup yang tak punya malu memakan duit rakyat.

........................
hareudang krisis moneter
ku dolar rupiah teler
nu leutik gugurubugan
siga jaer kasaatan

nu loba duit di bank
ngadadak mareuli gudang
loba oknum haram jadah
paresta narimbun barang

sembako sembako
kamana atuh sembako
sembako bingung cingogo
cicing di gudang nu gelo

...................................

Saat da krisis ekonomi, banyak orang kaya yang menimbun barang untuk keuntungan pribadi.

............................
sakitu wae lah ti kuring mah
lamun kuring kurang hade nyarita
hampura we dah kuring kurang nyakolah
eta oge lain teu hayang sakolah
ngan kapan sakolah ayeuna mah sagala kudu
ku duit
ku duit Abah Eon ku duit
aya duit bisa sakolah
soal otak nomer dua
da ceunah soal angka peunteun mah bisa
diatur ku dana
kitu oge ceuk beja
harunten ka baraya di P dan K
Lamun seug bener teh eta beja
pantesan wae atuh
ayeuna loba nu boga gelar sarjana
tapi ngan saukur gelar
uteukna mah biasa biasa saja
ha ha ha ha

..........................

Xixiixi.... ini mah nyeritain sarjana pengangguran gara-gara sekolah dan kuliahnya nyogok sini nyogok sana nyogok kesitu :D

Dan yang terakhir ini, lagu cintanya Doel Sumbang yang super romantis heheh...

4. Kumalayang

............................
Teuing dimana
Teuing iraha
Asup na rasa
Kana jero dada
Ujug-ujug nyampak bari nyiksa
Ka edanan ku bebeakan

Mungkir teu bisa
Hate rumasa
Boga kacinta
Geude ka bina-bina
Pikir manteng ukur kadidinya
Teu irah heunteu dimana

...........................

Walau sekarang sudah tidak seproduktif dulu lagi mungkin karena faktor usia, tetapi Doel Sumbang sudah memberikan warna tersendiri dalam dunia permusikan di Indonesia dengan menyuarakan kritikan-kritikan sosial dan ketidak adilan dalam lagu-lagunya. Sayangnya sampai sekarang ini saya belum menemukan musisi-musisi muda yang seberani Doel Sumbang dan Iwan Fals.

Sekian postingan saya kali ini, seri musisi favorit pilihan Anak Rantau. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat :)

65 comments:

  1. kalau bulan bisa ngomong akan bilang anak rantau termasuk diatas tidak, hihi...ups...peace...bercanda. Aku percaya Anak Rantau anak baik2 koq :)

    ketinggalan banyak artikel nih, punten baru berkunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya walaupun bulan bisa ngomong tetep bilang gak termasuk deh mbak hahahh....

      Delete
  2. lagu diatas ada lagu jawabannya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah denger lagu jawabannya mbak hehehe...

      Delete
  3. Replies
    1. Hmmm ... juga mbak maya hehehe...

      Makasih kunjungannya :)

      Delete
  4. baca lagu yg paling atas, bikin nyengir2 sendiri :p

    berenyit? artinya apa bang? dr penjelasannya abang, kayanya mantap dah lagunya :p

    ReplyDelete
  5. cuma apal yang kalau bulan bisa ngomong doang euy Bud. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga lainnya yang bagus2 yu :)

      Delete
  6. wehe, shock gua baca lirik lagu awalnya ..
    haha, sepik lo bang kagak termasuk .. hihi
    peace ..
    Doel S. gua paling taunya lagu kalau bulan boleh ngomong ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk.... gw gak termasuk sob, walaupun bulan bisa ngomong juga hahahha...

      Delete
  7. . . haduch,, aq gak tau lagu nya sama skali. huhh . .

    ReplyDelete
  8. wew, ini mah gw apal semua sob #nyombongdikit
    kalo kata orang bandung mah, BEGEGUG SIAH, wew, hihihi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... sama sob, apa lagi lagu yang paling atas itu wkwkwkwk...

      Delete
  9. lagunya pake bhs sunda ya.. kalo ane juga suka iwan fals, suka nyanyiin yg brkaitan dgn rakyat kita.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, album EMA pake bhasa Sunda semua :)

      Delete
  10. ane suka sma lagunya doel sumbang

    merakyat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob hehhe...
      Thanks dah mampir :)

      Delete
  11. hayoo...ngaku para lelaki :D hahahii

    gue apalnya lagu kalo bulan bise ngomong doang, jujur gue juga suka. Cuma karna kebanyakan pake bahase sunda, lidah gue keseleo kalo mau ngikutin...hahahahhaa

    ReplyDelete
  12. wah, kirain pertama itu puisi ternyata lirik doel sumbang^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye sob, lirik lagunya Doel Sumbang hehehe...

      Delete
  13. paling atas lagu cowok ga ganteng...
    :P

    ReplyDelete
  14. Ari lagu nu EMMA naha taya lirikna, kang? Hehehe, mun tiasa rikues lirik nu eta kang nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixiix... teu acan sempet milarian tina google sob :D

      Delete
  15. Woywoywoy... Aku ga termasuk yang kamu sebut di paling utama heu... #Ngamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkw... kalo ngamuk jangan makani tanaman tetangga sob :D

      Delete
  16. yang aku tau malah si doel anak gedongan. apa sama? apa beda?

    ReplyDelete
  17. suer. kalo gak artikel ini, gue hampir lupa ama artist yg satu ini. kenapa Mas Doel Sumbang saat ini sepertinya hilang ditelan bumi. gak ada satu media yg memberitakan kbr tentang ybs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mau pensiun kali sob hehehe...

      Delete
  18. namax aja sumbang.., pasti nyanyix jg sumbang hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... betul sob, dan penuh dengan keberanian :D

      Delete
  19. Replies
    1. Hmm.. juga mbak Al, udah sehat mbak?
      Makasih dah nyempetin mampir :)

      Delete
  20. Namanya Wahyu ya ... kirain Abdullah.
    Lagu2nya unik.
    Kata2 lagu di atas, bagus buat introspeksi diri kaum lelaki tapi pasti deh "Bukan Saya" hehehe

    ReplyDelete
  21. lagunya yang pertama diatas,,,,,bagus juga sih buar para lelaki...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi... iya mbak, tapi saya gak termasuk lho hahahha...

      Delete
  22. Kok selera kita sama. Iwan fals, doel sumbang, koes plus adalah musik favorite saya. Masih kurang banyak tuh sob lagu2 doel sumbang-nya. Somse=sombong sekali dan kondom nggak diikutkan he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka sama lagu2 yang menyuarakan suara rakyat sob hehehe...

      Delete
  23. Yakin ndak termasuk? :P
    Aku ra dong kuwi tegese lirike opo...

    ReplyDelete
  24. meski asli jogja.. juga seneng..ama doel sumbang yang pangandaran, bulan batu hiu, gunung bromo..pokoknya yang album ai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, album ai juga enak2 lagunya hehehe...

      Delete
  25. wah doel sumbang
    sudah lama gak dengar nyanyiannya nih
    eh ya aku jarang mampir kesini duh maaf ya
    jarang BW lagi masa sibuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa nin, thanks ya kunjungannya :)

      Delete
  26. waah lagu daerah sundaa yaa ? baguss lhooo.. :D
    lagu daerah harus di lestarikan yaa.. :)

    ReplyDelete
  27. ou lagu to, kirain apaan. doel emang mantap.

    ReplyDelete
  28. tetep ajah, ini juga kesukaan bapak aku. Avenged donk, avenged...... hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukanya lagu yang ngebelain rakyat vit hahaha...

      Delete
  29. kykny gak ad yg aku tw...
    -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lama emang gak buat album lagi Kang Doel nya octa hehehe...

      Delete

Maaf, komentar SPAM akan langsung dihapus :)

Statistik Blog

Check PageRank

Statistik Blog

  © Blogger template The Beach by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP